sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Alami Anemia, Bolehkah Konsumsi Suplemen Zat Besi?

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Feb 2021 16:24 WIB
Confident female pediatrician examines a newborn baby. The baby's mother is holding her. The doctor is touching the baby's head. Baby bottles and a doctor's bag are on a table. caption
Jakarta -

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia pada ibu menyusui. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga mengganggu aliran darah di dalam tubuh.

Suplementasi zat besi bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan ini, Bunda. Mengutip laman Medical News Today, zat besi berfungsi mempertahankan banyak fungsi vital dalam tubuh, termasuk energi, sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan pengaturan suhu tubuh.

"Manfaat zat besi sering dilupakan sampai akhirnya seseorang tidak mendapatkan cukup zat besi. Anemia defisiensi zat besi dapat menyebabkan kelelahan, jantung berdebar, kulit pucat, dan sesak napas," kata ahli nutrisi dan diet, Megan Ware, RDN, L.D.


Mengonsumsi suplemen zat besi bisa menjadi pilihan tepat bagi seseorang yang mengalami anemia, tak terkecuali ibu menyusui. Namun, banyak ibu khawatir penggunaan suplemen bisa mengganggu kualitas dan kuantitas Air Susu Ibu (ASI).

Ware menjelaskan, sering mengonsumsi suplemen zat besi yang mengandung lebih dari 20 mg bisa menyebabkan efek samping. Salah satunya adalah mual, muntah, dan sakit perut. Kondisi bisa diperparah jika Bunda tidak mengonsumsinya bersama makanan.

"Dalam kasus yang parah, overdosis zat besi dapat menyebabkan kegagalan organ, pendarahan internal, koma, kejang, bahkan kematian," ujar Ware.

Penggunaan suplemen zat besi sebaiknya dikonsultasikan de dokter atau ahli kesehatan, Bunda. Beberapa tanda kelebihan zat besi ternyata dapat menyerupai gejala kekurangan zat ini lho.

Kelebihan zat besi bisa berbahaya. Suplementasi zat besi tidak dianjurkan, kecuali dalam kasus defisiensi yang terdiagnosis atau ketika seseorang berisiko tinggi mengalami kekurangan zat besi.

Lalu apakah ibu yang mengonsumsi suplemen zat besi aman menyusui buah hatinya? Bagaimana dengan batasan asupan zat besi yang dibutuhkan per hari?

Baca halaman selanjutnya untuk penjelasan yang lebih lengkap, Bunda.

Banner Sacha StevensonFoto: Mia Kurnia Sari
IBU MENYUSUI ANEMIA DISARANKAN KONSULTASI KE DOKTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi