sign up SIGN UP search


menyusui

4 Makanan Ibu Menyusui Bikin ASI Berkualitas, Enak & Gampang Diolah Sehari-hari

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 11:21 WIB
Breast milk pump and baby lying on the white bed caption

Jakarta - Setuju ya, Bunda, apa yang kita makan saat menyusui sangat berpengaruh kepada Si Kecil. Makanan yang bernutrisi dapat membuat Air Susu Ibu (ASI) lebih berkualitas Bunda. Lantas, apa saja makanan yang perlu Bunda konsumsi selama menyusui agar ASI berkualitas? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Melansir dari laman Healthline, ASI penuh dengan nutrisi bergizi dan senyawa pelindung yang penting untuk perkembangan bayi Bunda. Inilah sebabnya mengapa ASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. 

"ASI merupakan sebuah hal yang menakjubkan yang dapat Anda berikan kepada bayi. Asi tidak hanya memberikan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, namun juga menjaga daya tahan tubuh mereka," kata Miho Hatanaka ahli nutrisi yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline


Tidak mengherankan, dibutuhkan banyak energi untuk menghasilkan cairan berharga ini. Sehingga kebutuhan nutrisi ibu menyusui akan meningkat untuk memenuhi permintaan ASI dari Si Kecil.

Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus.Makanan busui agar ASI berkualitas/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk itu, sangat penting untuk memilih makanan yang padat nutrisi dan bergizi untuk mendukung produksi ASI Bunda. Selain itu, makan makanan sehat pasca melahirkan jug dapat membantu Bunda merasa lebih baik baik secara mental maupun fisik. Karena ibu baru biasanya rentan dengan kesehatan mental dan fisik. 

Sebagai ibu menyusui, tubuh akan selalu aktif memproduksi ASI untuk Si Kecil. Banyak ibu menyusui merasa lapar terus-menerus, dan ini berasal dari jumlah kalori yang digunakan untuk memproduksi ASI. Sehingga, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk membantu mengisi energi tubuh Bunda.

Daftar makanan yang baik dikonsumsi ibu menyusui

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi saat menyusui? Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan suplai ASI serta membuatnya lebih berkualitas. Berikut makanan sehat untuk mendukung keberhasilan menyusui Bunda yang dilansir dari laman Parents. 

1. Alpukat

Alpukat adalah buah dengan nutrisi tinggi untuk ibu menyusui. Alpukat mengandung hampir 80 persen lemak dan membantu menjaga rasa kenyang selain memberi tubuh Bunda lemak yang menyehatkan jantung. Alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E yang baik.

2. Kacang-kacangan

Makanan tinggi nutrisi lainnya untuk ibu menyusui adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng serta vitamin K, dan vitamin B. Kacang juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Selain kandungan nutrisinya, kacang-kacangan dianggap sebagai laktogenik yang membantu memproduksi ASI.

Simak penjelasan soal pilihan makanan lain agar ASI berkualitas di halaman berikutnya ya Bunda!

Bunda ingin berpuasa, simak makanan untuk ASI booster di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN UNTUK BUSUI AGAR ASI BERKUALITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!