sign up SIGN UP search


menyusui

7 Jenis Makanan yang Bikin Busui Dehidrasi, Awas Bikin ASI Mampet

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 15 Apr 2022 13:40 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

ASI mampet menjadi masalah menyusui yang kerap menghantui para Bunda selama mengASIhi anaknya. Masalah ini dapat terjadi ketika Bunda kekurangan nutrisi lho.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, setelah melahirkan, Bunda tetap harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap ya. Sebab, Bunda banyak mengeluarkan darah dan membutuhkan nutrisi untuk membantu pembentukan darah lebih cepat setelah melahirkan.

Kemenkes RI merekomendasikan makanan dengan kandungan vitamin C selama menyusui, karena dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin D juga dibutuhkan untuk penyerapan kalsium yang sangat penting dalam memproduksi ASI dengan lancar.


"Kekurangan kalsium saat masa menyusui beresiko lebih besar untuk mengalami pengeroposan tulang karena tubuh yang mengambil kalsium dari tulang dan gigi untuk membuat ASI," demikian kata Kemenkes, dikutip dari laman resminya.

Banner Nikita Willy MelahirkanFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, Bunda juga perlu memenuhi asupan cairan ya. Jumlah asupan cairan bisa sangat berpengaruh pada suplai ASI.

Perlu diketahui ya, dehidrasi berat pada Bunda menyusui bisa menghambat produksi ASI atau bikin ASI mampet. Akibatnya, bayi juga tak mendapatkan asupan cairan dan nutrisi dari ASI.

Bunda bisa mencukupi kebutuhan cairan dari minum air putih atau sumber cairan lainnya. Menurut Ahli Gizi dan Dosen Program Studi Gizi Universitas Esa Unggul Jakarta, Nadiyah S.Gz, M.Si, C.Ht, CSRS, selama enam bulan pertama, menyusui dapat menyebabkan peningkatan cairan pada Bunda hamil.

"Setidaknya, peningkatan ini mencapai 800 mililiter (ml) per hari atau setara dengan 4 gelas," kata Nadiyah kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

"Untuk periode menyusui 6 bulan berikutnya, peningkatan kebutuhan cairan sebesar 650 ml per hari," sambungnya.

Saat menyusui, Bunda dapat mengonsumsi makanan mengandung galaktagog, yakni hal-hal yang dipercaya dapat memperlancar ASI. Selain itu, Bunda juga perlu menghindari makanan yang bikin ASI mampet ya? Apa saja? Baca halaman berikutnya.

Simak juga waktu terbaik pumping saat BusuiĀ puasa Ramadan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS MAKANAN YANG BISA MEMBUAT BUSUI DEHIDRASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!