sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Menyusui Bayi yang Rewel karena Sedang Demam, Tetap Sabar ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 19 Apr 2022 07:10 WIB
Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant caption

Jakarta - Saat bayi demam, ibu mana pun pasti merasakan sedih. Apalagi, kalau ditambah Si Kecil enggan makan bahkan menyusui, duh.. pastinya khawatir banget ya Bunda? 

Meski begitu, saat bayi kurang fit atau sedang sakit, proses menyusui memang harus tetap berlangsung ya, Bunda. Meskipun tidak sepenuhnya dapat menghentikan bayi dari sakit, sifat pelindung ASI membuat bayi yang disusui cenderung lebih cepat pulih.

Pasalnya ASI memiliki elemen antibakteri dan antivirus. Efektivitasnya pun bergantung pada berapa lama Bunda menyusui. Namun, ASI memang sudah terbukti mampu membatu meredakan berbagai gejala penyakit  pada anak seperti flu dan pilek, infeksi telinga, dan saluran pernapasan, serta penyakit diare. Para ilmuwan sendiri bahkan menyelidiki potensi ASI untuk mengobati kondisi mulai dari konjungtivitas hingga kanker.


"Menyusui menyediakan semua yang dibutuhkan bayi jika mereka sedang sakit. Itu adalah obatnya serta makanan, cairan, dan kenyamanannya. Ini adalah hal terbaik untuknya," ujar Sarah Beeson, seorang perawat di Inggris seperti dikutip dari laman Medela.

Banner Nikita Willy MelahirkanBanner Nikita Willy Melahirkan/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Oleh karena itu, ibu menyusui bayi panas atau sedang sakit lainnya akan memberikan mereka peluang besar untuk pulih dengan cepat serta membantu menghiburnya. 

ASI sendiri mengandung antibodi, sel darah putih, sel induk, dan enzim pelindung yang melawan infeksi yang dapat membantu penyembuhan. Serta, ASI juga memiliki keseimbangan vitamin dan nutrisi yang terus menyesuaikan dan mendukungnya untuk menjadi lebih baik secepat mungkin. Artinya, lebih sedikit hari sakit dan kunjungan ke dokter untuk bayi.

Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living roomManfaat Menyusui saat Bayi sedang Demam/ Foto: iStock

Hebatnya lagi, komposisi ASI berubah saat bayi sakit. Jika Bnda terkena infeksi bakteri atau virus, tubuh akan membuat antibodi untuk melawannya. Ini kemudian akan ditransfer ke bayi melalui ASI. Tingkat sel meningkatkan kekebalan yang disebut leukosit dalam ASI juga akan meningkat dengan cepat setiap kali bayi tidak sehat.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang 5 manfaat luar biasa ASI untuk Si Kecil:

[Gambas:Video Haibunda]



IBU MENYUSUI BAYI PANAS, SEPERTI APA TIPSNYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!