sign up SIGN UP search


menyusui

Belum Genap 6 Bulan, Lesti Kejora Tetap Berpuasa juga Siapkan Stok ASI untuk Baby L

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 15:37 WIB
Lesti Kejora caption

Jakarta - Pada bulan suci Ramadan tahun ini, meski baru saja melahirkan pada 26 Desember tahun lalu, penyanyi dangdut, Lesti Kejora memilih untuk tetap menjalani ibadah puasa dan menyiapkan stok ASI untuk putranya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar atau yang dipanggil Baby L.

Sebelum memutuskan untuk menjalani ibadah puasa sebagai ibu menyusui, Lesti mengaku dirinya bimbang, apakah boleh ibu menyusui ikut menjalani ibadah puasa atau sama sekali tidak boleh.

“Busui itu boleh puasa atau enggak?” kata Lesti, dikutip dari kanal YouTube Leslar Entertaiment. Ia pun kemudian menyatakan akan tetap menjalani puasa bila dirinya merasa kuat dan akan menyiapkan ASI sebanyak mungkin untuk anak pertamanya bersama Rizky Billar.


“Kalau kuat (puasa), maksudnya kan bisa nyetok malam, setelah makan nyetok ASI banyak. Jadi, enggak akan terganggu juga,” kata Lesti.

Ibu satu anak itu kembali meyakinkan sang suami dengan mengatakan dirinya mampu untuk memompa ASI yang banyak di waktu-waktu tertentu, misalnya setelah berbuka puasa, sebelum sahur, dan setelah sahur.

“Bahkan bisa (memompa ASI), setelah berbuka memompa dibanyakin, setelah sahur, atau ingin sahur,” kata Lesti.

Banner Tanda Janin LaparBanner Tanda Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Istri Rizky Billar itu mengatakan bahwa dirinya tidak ingin melewatkan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah ini, lho Bunda.

Nah, Bunda bagaimana berpuasa bagi ibu menyusui yang masih memiliki anak berusia di bawah 6 bulan? Lebih baik ikut berpuasa seperti Lesti atau sebaiknya tidak, ya Bunda? Untuk menjawab rasa penasaran para Bunda, yuk simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Puasa di bulan Ramadan bagi ibu menyusui

Selama bulan Ramadan, umat Islam menjalani puasa dari matahari terbit sampai terbenam. Namun, menurut hukum Islam, ibu menyusui tidak wajib menjalani ibadah puasa lho Bunda.

Melansir dari laman Breatsfeeding Support, faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat Bunda berpikir untuk berpuasa adalah usia Si Kecil. Jika Si Kecil masih sangat kecil atau berusia kurang dari 6 bulan dan sepenuhnya masih bergantung pada ASI, Bunda disarankan untuk tidak ikut berpuasa.

Lesti KejoraBelum Genap 6 Bulan, Lesti Kejora Tetap Berpuasa juga Siapkan Stok ASI untuk Baby L/ Foto: Instagram/@lestykejora

Jika Si Kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun, sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI dan minum ASI hanya beberapa kali dalam sehari, atau hanya pada waktu tidur, mungkin Bunda bisa menjalani ibadah puasa.

Sebagian besar ibu menyusui mungkin lebih menyukai berpuasa dengan anggota keluarga jika dibandingkan dengan berpuasa di kemudian hari. Jika ini masalahnya, dan Si Kecil masih menyusu secara eksklusif, Bunda disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Lalu, bagaimana tips bagi ibu menyusui berpuasa agar ASI-nya tetap berkualitas? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang alasan Lesti Kejora melahirkan bayinya lebih cepat:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS BERPUASA BAGI IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!