sign up SIGN UP search


menyusui

Busui Ingin Puasa Penuh? Lihat Lagi yuk Apakah BB Si Kecil sudah Sesuai Usia

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 07:12 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Sudah pertengahan Ramadan, gimana nih puasanya Bunda? Puasa sambil menyusui Si Kecil memang memiliki tantangan tersendiri ya, apalagi dalam kondisi bekerja.

Wah, tentu harus pintar-pintar membagi waktu ya, Bunda. Tak dipungkiri kalau menyusui sambil puasa bisa membuat tubuh lemas, rasa haus lebih cepat datang. Bahkan, kadang-kadang pada sebagian Bunda bisa memengaruhi produksi ASI.

Ibu menyusui yang menjalani puasa mungkin kerap khawatir dengan perkembangan BB buah hati. Apalagi, yang BB-nya sangat minim sehingga di ambang batas aman sesuai rekomendasi usianya. Hmm, agar lebih tenang busui puasa, yuk lihat lagi apakah BB Si Kecil sesuai usia, Bun.


Seorang dokter berpengalaman, Dr Naomi Mirza, spesialis medis mengatakan bahwa faktor penting untuk dipertimbangkan ketika busui berpuasa ialah usia bayi ya, Bunda.

"Jika bayi masih sangat kecil (kurang dari enam bulan) dan sepenuhnya bergantung pada ASI, maka busui sebaiknya tidak berpuasa,"ujarnya seperti dikutip dari laman Thedailystar.

Jika bayi berusia lebih dari satu tahun dan sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI dan minum ASI hanya beberapa kali sehari, atau hanya pada waktu tidur, mungkin busui dapat berpuasa dengan tenang.

Banner Tanda Janin LaparTanda Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Kemudian, bagi Bunda yang menjalani puasa Ramadhan selama menyusui juga sebaiknya memastikan Bunda dan bayi tetap sehat dan memastikan asupan seimbang terpenuhi sehingga tidak mengorbankan suplai ASI.

Seperti diketahui, manfaat ASI pada bayi memang sangatlah banyak ya, Bunda. ASI dalam hal ini memberikan bayi tiga komponen yakni lemak, karbohidrat, dan protein, seperti dikutip dari laman Thehealthymuslim.

Selama 6 bulan pertama setelah bayi lahir, dianjurkan agar mereka diberikan ASI eksklusif dan suplemen bila diperlukan. Dan, dalam 6 bulan pertama, ASI mengandung lemak paling tinggi dan akan sedikit menurun seiring dengan pertumbuhan bayi setelah melewati usia 6 bulan.

ASI juga diketahui mengandung mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Sebagian besar wanita memiliki cukup mikronutrien dalam ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi mereka.

Mengingat semua nutrisi berasal dari ibu, menyusui memang mengharuskan wanita meningkatkan asupan energi atau kalori mereka. Meningkatkan kalori dalam bentuk makanan yang sehat di mana dapat menjamin kesehatan ibu dan bayi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga pilihan ASI booster jika Bunda menyusui tetap ingin puasa selama Ramadan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BUSUI PUASA, YUK LIHAT LAGI APAKAH BB SI KECIL SESUAI USIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!