sign up SIGN UP search


menyusui

5 Kondisi Berbahaya Bayi ASI yang Wajib Busui Waspadai Saat Ingin Puasa

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 13 Apr 2022 13:41 WIB
Muslim caption
Jakarta -

Bunda menyusui bisa memilih untuk tidak puasa selama bulan Ramadan ini ya. Sama seperti Bunda hamil, Bunda menyusui termasuk kelompok yang mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa.

Meski boleh tak puasa, Bunda tetap harus menggantinya dengan membayar fidyah ya. Fidyah dibayar sesuai jumlah hari Bunda tidak berpuasa selama bulan Ramadan.

"Bunda sekalian, ibu hamil dan menyusui mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadan dapat menggantinya dengan membayar fidyah sejumlah hari dia tidak berpuasa," kata Sekretaris Progam Studi S1 Kebidanan Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Ustazah Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Keb., kepada HaiBunda, baru-baru ini.


Nah, terkait puasa pada yang sedang menyusui, Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 184, yang berbunyi:

"Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin."

Bagi Bunda yang memutuskan berpuasa, tak perlu khawatir dengan produksi ASI. Ahli Gizi Nadiyah S.Gz, M.Si, C.Ht, CSRS, mengatakan bahwa kebanyakan Bunda hanya menilai kecukupan ASI untuk anaknya dari ekspektasi diri sendiri.

Banner Pagar Minimalis Tren

Padahal, banyaknya produksi ASI setiap Bunda berbeda lho. Bahkan, ukuran payudara pun tak bisa menentukan seberapa banyak ASI dapat dihasilkan.

"Lancar atau tidaknya ASI bergantung pada seberapa banyak jumlah jaringan kelenjar (penghasil ASI) di payudara, serta asupan gizi masing-masing Bunda," kata Nadiyah saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

Sementara itu menurut penelitian dalam Journal of Endocrinology, puasa ternyata tidak memiliki efek nyata pada produksi susu atau komposisi zat gizi makro. Artinya, puasa tidak berpengaruh pada volume susu, konsentrasi glukosa susu (laktosa), dan kandungan lemak total ASI.

Bunda tentu bisa tetap berpuasa dengan mencukupi asupan gizi ya. Tapi, Bunda juga perlu memerhatikan kondisi buah hati sebelum memutuskan puasa saat menyusui.

Ada beberapa kondisi bayi ASI yang wajib diwaspadai selama Bunda puasa. Apa saja kondisinya? Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga waktu terbaik untuk pumping selama puasa, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONDISI BAYI ASI YANG PERLU BUNDA WASPADAI SAAT PUTUSKAN PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!