sign up SIGN UP search


menyusui

Baby Awan Mulai Senang Menggigit Puting, Ardina Rasti Jadi Deg-degan saat Menyusui

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 07:18 WIB
Ardina Rasti caption

Jakarta - Baru-baru ini artis Ardina Rasti membagikan pengalaman bersama putranya yang kedua, yaitu Awan Biru Araya, atau yang akrab disapa dengan panggilan sayang Baby Biru.

Melalui foto yang diunggah di media sosialnya, Bunda dua anak ini mengatakan Baby Biru kini mulai senang mengigit puting saat menyusu, lho Bunda.

Walaupun berdebar-debar melihat putranya yang mulai menggigit-gigit puting saat menyusu, Ardina hanya bisa menatap Baby Biru yang sedang tertawa dengan senyuman.


“Awan Biru Araya, bayi yang sudah mulai gigit-gigit pas nen, keliatan ya difoto ini, si bayi ketawa happy siap mainin nen, mommy-nya nyengir deg-degan,” tulis Ardina Rasti, dikutip dari laman Instagram @ardinarasti6.

Nah, bagi Bunda yang pernah memiliki bayi, pastinya sudah tahu dengan tingkah Si Kecil yang satu ini. Lalu, apa alasan Si Kecil senang menggigit puting ibu saat menyusu, ya Bunda? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Mengapa Si Kecil menggigit puting Bunda saat menyusu?

Saat bayi dewasa, kekhawatiran tentang menggigit saat menyusui dapat tumbuh lebih kuat. Namun, perlu diingat bahwa bayi tidak dapat menggigit saat menyusui, ya Bunda. Jika bayi menggigit saat menyusui, itu sebenarnya terjadi saat jeda di sela menyusui aktif.

Memahami mengapa bayi menggigit saat menyusui dapat membantu Bunda memutuskan apa yang perlu dilakukan untuk menghentikan atau menghindari hal ini terjadi, dan membuat menyusui tetap nyaman bagi Bunda dan Si Kecil. Berikut adalah beberapa alasan Si Kecil menggigit puting Bunda saat menyusu:

1. Sedang tumbuh gigi

Tumbuh gigi dapat dimulai kapan saja, dan dapat menyebabkan gusi bayi sakit. Jika melihat Si Kecil menggigit selama waktu ini, mereka mungkin lebih tertarik untuk menghilangkan rasa sakit daripada menyusui.

2. Bayi merasa bosan

Sering kali, bayi akan menggigit saat menyusu karena terganggu oleh apa yang terjadi di sekitarnya. Ini sering terjadi menjelang akhir sesi menyusui, ketika dia mulai bosan dan tidak lapar lagi.

Ardina RastiBaby Awan Mulai Senang Menggigit Puting, Ardina Rasti Jadi Deg-degan saat Menyusui/ Foto: Instagram @ardinarasti6

3. Mencari perhatian Bunda

Bayi yang lebih besar cenderung menuntut perhatian yang signifikan dan mungkin menggigit jika mereka tidak merasa cukup mendapatkan perhatian Bunda.

4. Menginginkan lebih banyak susu

Terkadang ketika suplai ASI menurun, bayi mungkin menggigit dan menarik kembali, mencoba mengeluarkan ASI lagi dari payudara. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suplai ASI secara negatif adalah menstruasi, hamil saat menyusui, metode pengendalian kelahiran hormonal, mengonsumsi obat dan suplemen, dan stres.

Lalu, bagaimana Bunda bisa menghentikan kebiasaan Si Kecil tersebut? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Tengok juga yuk video tentang 5 tips alami untuk atasi puting lecet.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGHENTIKAN BAYI YANG MENGGIGIT PUTING IBU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!