sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Makan Pedas dan Asam Ternyata Bermanfaat untuk Bayi Lho

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 13:20 WIB
Benarkah Makan Pedas Picu Gangguan Pencernaan? Ini Kata Ahli Gizi Ibu Menyusui Makan Pedas dan Asam Ternyata Bermanfaat untuk Bayi Lho/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Setelah melahirkan, mungkin Bunda merasa 'merdeka' akhirnya bisa menikmati makanan yang dipantang selama kehamilan. Walau demikian, kehati-hatian dalam memilih makanan masih ada karena Bunda masih menyusui Si Kecil. Contohnya, mengonsumsi makanan pedas dan asam saat menyusui.

Bicara tentang makanan pedas, apakah boleh ibu menyusui makan pedas dan asam? Jawabannya, iya. Mengutip Healthline, Bunda bisa makan makanan pedas saat menyusui. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makanan pedas harus dihindari demi bayi, baik selama kehamilan atau menyusui.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa bayi yang terpapar berbagai rasa melalui cairan ketuban selama kehamilan dan ASI setelah mereka lahir sebenarnya lebih terbuka untuk memasukkan berbagai rasa ke dalam makanan mereka sendiri begitu mereka mulai makan makanan padat. Justru, rasa kuat seperti bawang putih, mint, dan vanilla jadi dapat mempengaruhi rasa ASI, Bunda.


Manfaat ibu menyusui makan pedas 

Masih bicara makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas juga sebenarnya memiliki beberapa manfaat untuk bayi. Mengutip Very Well Family, makan makanan pedas memiliki manfaat langsung dan jangka panjang untuk bayi. Berikut manfaatnya:

  • Bayi lebih banyak konsumsi ASI

Tahukah Bunda, ternyata beberapa bayi benar-benar menyukai rasa yang kuat? Lalu, ketika Bunda makan makanan dengan rasa yang kuat, bayi mungkin bertahan lebih lama untuk menyusu. Sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa ketika bayi terpapar bawang putih dalam ASI, mereka cenderung untuk tetap berada di payudara dan menyusu untuk jangka waktu yang lebih lama.

  • Bayi akan menyukai makanan yang bervariasi

Ashley Georgakopoulos, konsultan laktasi dan direktur laktasi di Motif Medical mengatakan bahwa makan makanan pedas dan makanan beraroma kuat lainnya dapat membuat bayi menjadi pemakan yang lebih baik dan lebih berani. Dalam hal ini, mau mencoba bervariasi makanan.

"Ini menyebabkan varian rasa yang sangat halus yang membantu mengembangkan selera mereka," katanya.

Penelitian telah menemukan bahwa bayi yang disusui mungkin lebih mungkin menerima makanan yang lebih beragam saat balita dan anak-anak daripada bayi yang tidak disusui.

Ada manfaat lainnya dari konsumsi makanan pedas. Kali ini untuk Bunda. Apa manfaatnya? Baca di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 makanan ibu menyusui yang bisa bikin bayi sulit BAB.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN LEBIH BERVARIASI, PENAMBAH NAFSU MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!