sign up SIGN UP search


kehamilan

Ini Dia 15 Tanda Hamil yang Muncul pada Minggu Pertama, Siap-siap Bunda

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 18 May 2022 07:00 WIB
Unhappy Woman Touching Her Head and Suffering From Headache. Portrait of an Attractive Young Woman Sitting on a Sofa at Home With a Headache, Feeling Pain and With an Expression of Being Unwell. People, Emotions, Stress and Health Care Concept caption

Jakarta - Tes kehamilan bukanlah satu-satunya cara sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk memastikan adanya kehamilan. Bunda bisa lho mendeteksi tanda hamil sedini mungkin dengan melihat apakah ada perubahan dalam diri Bunda.

Untuk melakukannya, Bunda harus lebih peduli terhadap perubahan sekecil apa pun. Baik perubahan fisik yang tampak kasat mata, maupun perubahan pada feeling atau intuisi Bunda. 

Pentingnya kepekaan ini karena bisa jadi gejala kehamilan antara Bunda dan ibu lainnya bisa berbeda. Seperti penjelasan Obgyn Layan Alrahmani kepada Babycenter.


“Gejala kehamilan setiap perempuan bisa jadi berbeda-beda. Bahkan, berbeda juga antara kehamilan pertama dengan kehamilan selanjutnya,” tuturnya. 
 
Meski begitu, gejala paling umum kehamilan awal yang bisa Bunda tandai di antaranya adalah terlambat menstruasi, Bunda. Walaupun terlambat menstruasi tidak selalu karena kehamilan, Bunda bisa menandai tanda penyerta lain kehamilan yang sebaiknya tidak Bunda abaikan ya. 

Banner Dongeng Anak Sebelum TidurDongeng Anak Sebelum Tidur/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

Lantas, apa saja tanda penyerta kehamilan minggu pertama, Bunda? Yuk simak terus. 

Tanda kehamilan di minggu pertama

Mengutip dari Healthpartners, berikut adalah tanda kehamilan minggu pertama, Bunda.

1. Bercak atau perdarahan ringan

Ini biasa disebut pendarahan implantasi, Bunda. Biasanya terjadi 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, yang terjadi tepat sebelum atau tepat pada saat menstruasi jatuh tempo. 

2. Sakit perut bagian bawah atau kram

Sementara kram dan sakit perut bagian bawah bisa menandakan datangnya menstruasi, itu juga bisa menjadi tanda implantasi sel telur. Kram implantasi dapat terjadi dengan atau tanpa bercak perdarahan, dan mungkin terasa berbeda dari kram menstruasi. Misalnya, Bunda mungkin merasa seperti ditusuk-tusuk, ditarik, atau kesemutan ringan hingga sedang, yang datang dan pergi selama beberapa hari.

Tanda HamilIni Dia 15 Tanda Hamil yang Muncul pada Minggu Pertama, Siap-siap Bunda / Foto: iStock

3. Suhu tubuh basal yang lebih tinggi

Bunda harus ketahui, bahwa suhu basal tubuh Bunda naik sedikit tepat setelah ovulasi. Jika hamil, suhu Bunda mungkin tetap tinggi daripada turun kembali. Jika itu berlangsung lebih dari beberapa minggu, kehamilan mungkin menjadi penjelasannya.

4. Perubahan lendir serviks

Dalam beberapa minggu pertama kehamilan, jumlah cairan serviks dapat meningkat dan menjadi lebih lengket dan lebih putih, Bunda.

5. Payudara nyeri, bengkak atau kesemutan

Saat Bunda hamil, tubuh Bunda mengalami perubahan besar pada hormon, khususnya peningkatan estrogen dan progesteron untuk mendukung pertumbuhan janin. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk nyeri payudara.

Ketahui tanda kehamilan lainnya di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang 10 tanda awal kehamilan menurut obgyn:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KELELAHAN BUANG AIR DAN SEMBELIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!