sign up SIGN UP search


menyusui

Punya Banyak Stok ASIP, Bolehkah Ditambahkan pada MPASI?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 30 May 2022 11:30 WIB
Healthy baby food on white wooden table, closeup caption

Jakarta - Olahan menu makanan pendamping ASI memang kerap mencampurkan berbagai varian bahan makanan ya, Bunda. Nah, bagaimana bila Bunda memiliki banyak stok ASI perah, bolehkah ditambahkan pada MPASI?

Secara umum, pemberian MPASI selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Selain enggak sabar memberikan aneka menu MPASI, tentunya melihat ekspresi makan dari buah hati juga menjadi salah satu yang ditunggu. 

Nah, berbicara soal MPASI, biasanya banyak Bunda di luar sana kerap bereksperimen dengan berbagai menu MPASI. Ada yang kerap menambahkan puree buah atau sayur dengan susu ataupun air biasa. 


Tak jarang juga, banyak busui menggunakan stok ASIP mereka untuk mencairkan makanan agar teksturnya lebih lembut. Perihal ini, apakah dibolehkan ya, Bunda?

Secara umum. hal ini boleh-boleh saja dilakukan ya, Bunda. Hanya saja, bagi Bunda yang masih ragu untuk melakukannya karena buah hati memiliki alergi, dapat mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Seperti diketahui, ASI merupakan nutrisi yang lengkap dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Semuanya memang dirancang khusus untuk bayi dan kebutuhannya yang terus berkembang.

Dengan mencampurkan ASIP pada MPASI tentu saja dapat memberikan mereka makanan yang lezat untuk mendukung tumbuh kembangnya dan menunjang sistem kekebalannya terus matang, seperti dikutip dari laman Medela.

Banner Tips Anak Cerdas Seperti Maudy Ayunda

Dalam hal ini, buah-buahan dan sayuran paling sering digunakan dalam puree yang kaya vitamin, mineral, kalsium, dan komponen sehat lainnya yang bagus untuk pertumbuhan bayi.

Tak jarang, banyak Bunda yang mencampurkan ASIP dengan puree buah atau sayur yang menjadi menu lezat nan sehat. Selain memastikan Si Kecil mendapatkan makanan bergizi, menambahkan ASIP ke dalam menu MPASI membantu Si Kecil mendapatkan kecukupan ASI.

"ASI merupakan pilihan nutrisi terbaik untuk bayi," ujar Jamila H. Richardson, BSN, RN, IBCLC, seperti dikutip dari laman Kidshealth.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video tentang penyebab mengapa bayi MPASI kerap menolak ASI 

[Gambas:Video Haibunda]



PUNYA BANYAK STOK ASIP, BOLEHKAH DITAMBAHKAN PADA MPASI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!