sign up SIGN UP search


menyusui

Si Kecil Jadi Enggan Menyusu, Wajarkah bila Kebutuhan ASI Bayi 1 Tahun Berkurang?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 07:12 WIB
Menu MPASI caption

Jakarta - Setelah mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI, biasanya durasi bayi menyusu memang tak sebanyak saat masa-masa menyusui eksklusif ya Bunda. Lantas, apakah itu berarti kebutuhan menyusu bayi 1 tahun berkurang?

Menginjak usia 1 tahun, kebutuhan ASI buah hati memang tetap penting untuk dipenuhi ya, Bunda. ASI, dalam hal ini masih menjadi bagian penting dari makanan bayi dan akan memberikan banyak manfaat (secara nutrisi, imunologi, dan emosional).

Tidak ada rekomendasi berapa kali per hari bayi perlu menyusu setiap harinya. Beberapa bayi ada yang hanya menyusu sekali atau dua kali sehari, sedangkan yang lainnya terus menikmati banyak waktu di payudara Bundanya.


Saat bayi perlahan-lahan mulai makan lebih banyak makanan padat, ASI Bunda akan mengisi celah nutrisi dengan baik. Dan, setelah bayi mulai jarang menyusu, ingatlah bahwa Bunda harus tetap berusaha lebih keras untuk memastikan bahwa buah hati makan beberapa kali makanan bergizi setiap harinya.

Banner Dongeng Anak Sebelum TidurDongeng Anak Sebelum Tidur/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

"Tidak perlu menambahkan susu sapi ke dalam makanan balita (atau nutrisi yang setara dari susu atau makanan lainnya) selama bayi menyusu setidaknya 3-4 kali per hari,"ujar Kelly Bonyata, BS, IBCLC, seperti dikutip dari laman Kellymom.

Seperti diketahui bahwa susu sapi benar-benar hanya sumber kalsium, protein, lemak, vitamin D, dan lainnya. Ada banyak orang di berbagai belahan dunia yang tidak minum susu dan masih bisa mendapatkan semua kalsium, protein, lemak, vitamin D, dan lainnya yang mereka butuhkan.

Beberapa busui mungkin menawarkan susu sapi kepada balita mereka tetapi tak semua bayi menyukainya. Dan, di atas usia 12 bulan, susu menjadi bagian kecil dari makanan anak. 

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan selengkapnya ya, Bunda.

Saksikan juga ya video tentang 4 penyebab bibir bayi hitam setelah menyusu ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
KEBUTUHAN MENYUSU BAYI 1 TAHUN, BENARKAH BERKURANG?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!