sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Sakit Maag, Obat Apa yang Aman Dikonsumsi?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 03 Jun 2022 13:55 WIB
containers with pills, flowers in vase and mother breastfeeding baby behind at home caption

Jakarta - Serangan maag memang bisa menyerang siapa pun dan kapan pun ya, Bunda. Termasuk saat menyusui nih. Kira-kira, apa ya rekomendasi obat maag ibu menyusui yang bisa dikonsumsi, Bunda?

Saat menyusui dan kondisi tubuh sedang tidak fit, rasanya memang dilema banget ya, Bunda. Ingin minum obat tetapi khawatir berpengaruh pada ASI. Sementara itu, dengan menghindari obat sering kali penyakitnya tak kunjung sembuh.

Ya, ibu menyusui memang membutuhkan energi ekstra. Tak jarang, berbagai gangguan kesehatan menghampirinya. Termasuk di antaranya sakit maag ibu menyusui.


Melansir Mayo Clinic, ibu menyusui yang hendak minum obat sebaiknya mengetahui bahwa hampir semua obat yang ada dalam darah akan ditransfer ke ASI sampai batas tertentu. Sebagian besar obat melakukannya pada tingkat rendah dan tidak menimbulkan risiko nyata bagi kebanyakan bayi.

Namun, ada pengecualian bagi obat-obatan yang dapat terkonsentrasi dalam ASI. Akibatnya, setiap obat harus dipertimbangkan secara terpisah. Perlu Bunda tahu bahwa paparan obat dalam ASI menimbulkan risiko terbesar bagi bayi prematur, bayi baru lahir, dan bayi yang secara medis tidak stabil atau memiliki ginjal yang tidak berfungsi dengan baik.

Janin Terlilit Tali PusarJanin Terlilit Tali Pusar/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Risikonya paling rendah untuk bayi sehat berusia 6 bulan ke atas yang dapat memindahkan obat melalui tubuh mereka secara efisien. Ibu yang menyusui lebih dari satu tahun setelah melahirkan sering menghasilkan jumlah susu yang relatif lebih sedikit.

Ini akan mengurangi jumlah obat yang ditransfer ke ASI. Juga, obat-obatan yang digunakan dalam dua hari setelah melahirkan mentransfer pada tingkat yang sangat rendah ke bayi karena terbatasnya volume ASI yang dihasilkan.

Secara umum, sebagian besar obat aman dikonsumsi saat menyusui. Juga, manfaat minum obat untuk kondisi kronis saat menyusui seringkali lebih besar daripada potensi risikonya. Namun, beberapa obat tidak aman untuk dikonsumsi saat menyusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang keamanan ibu menyusui minum paracetamol.

[Gambas:Video Haibunda]



APA OBAT MAAG IBU MENYUSUI YANG BISA DIKONSUMSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!