sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab dan Tanda Bayi Terlilit Tali Pusar, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 26 May 2022 19:01 WIB
Ilustrasi Janin caption
Jakarta -

Berbagai masalah dapat terjadi selama kehamilan hingga persalinan. Salah satunya adalah bayi terlilit tali pusar, Bunda.

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut juga nuchal cord. Kondisi terjadi ketika tali pusar yang melilit leher janin sampai 360 derajat.


"Nuchal cord umum terjadi selama kehamilan dengan insiden tercatat sekitar 12 persen pada usia kehamilan 24 sampai 36 minggu dan 37 persen pada usia matang kehamilan," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Medical News Today.

Secara umum, tali pusar berfungsi untuk membawa nutrisi dan oksigen ke janin. Fungsi tersebut tidak akan berjalan normal bila bayi terlilit tali pusar dalam rahim ibunya.

Banner 5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

Sebagian besar bayi terlilit tali pusar akan pulih sebelum melahirkan. Namun, ini tetap perlu diperhatikan karena bisa membahayakan kondisi janin.

Deri Rizki Anggarani, S.Gz dan Yazid Subakti dalam buku Kupas Tuntas Seputar Kehamilan menjelaskan, lilitan tali pusar pada leher bayi cukup membahayakan ketika masuk dalam proses persalinan. Saat kepala bayi perlahan mulai turun, tali pusar yang melilit ini dapat menekan pembuluh darah.

Akibatnya, bayi bisa mengalami sesak napas karena suplai darah yang mengandung oksigen dan zat gizi berkurang. Pada kondisi ini, ibu harus segera ditangani oleh dokter spesialis karena membutuhkan tindakan khusus.

Berkurangnya oksigen tersebut juga bisa menyebabkan bayi penurunan denyut jantung selama persalinan. Ulasan di jurnal Clinical and Experimental Obstetrics and Gynecology menyarankan, kondisi bayi terlilit tali pusar ini perlu mendapatkan perhatian lebih.

Tim peneliti merekomendasikan pemantauan menyeluruh pada detak jantung janin selama persalinan. Mereka juga menyarankan persalinan dengan operasi caesar ketika ditemukan masalah yang sulit dideteksi.

Bayi terlilit tali pusar dapat disebabkan beberapa hal nih, Bunda. Apa saja? Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga serba-serbi gerakan janin yang Bunda perlu tahu, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB DAN TANDA BAYI TERLILIT TALI PUSAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!