sign up SIGN UP search


menyusui

4 Kontraindikasi Menyusui yang Perlu Bunda Tahu, Simak Obat yang Bahayakan ASI

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 06 Jun 2022 07:10 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Bagi Bunda baru, menyusui mendatangkan tantangan tersendiri. Namun terkadang ada beberapa kontraindikasi atau hal-hal yang membuat bunda tidak disarankan menyusui bayinya.

Kontraindikasi ini biasanya akan membuat dokter menyarankan para Bunda tidak memberikan ASI atau menyusui dulu bayinya. Nah, ini pentingnya memelajari kondisi seperti apa saja yang menyangkut kontraindikasi menyusui.

Kontraindikasi menyusui

Menyusui memang sebuah anugerah untuk para Bunda. Tak hanya memberikannya nutrisi optimal untuk tumbuh bayi, juga menciptakan ikatan hebat antara ibu dan bayi. Namun, terkadang memang beberapa hal membuat urusan menyusui tak dapat dilakukan. Berikut ulasannya!


1. Mengonsumsi obat tertentu

Misalnya saja karena ibu menyusui perlu mengonsumsi obat-obatan ataupun busui yang sedang mengalami infeksi. Untuk itu, Bunda menyusui yang baru memiliki buah hati penting banget mengetahuinya.

Dalam hal obat-obatan misalnya, ibu menyusui sebaiknya memang menghindari sebagian obat karena dikhawatirkan dapat memberikan efek samping pada Si Kecil.

Banner Cara Percepat Pembukaan Saat PersalinanCara Percepat Pembukaan Saat Persalinan/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Meskipun kenyataanya sebagian besar obat yang dijual bebas dan juga obat resep tidak berpengaruh pada ASI, seorang ibu menyusui perlu memikirkan perlindungan bagi bayinya.

Memang, sebagian besar obat kompatibel dengan menyusui, dan untuk beberapa obat yang memiliki masalah keamanan biasanya akan diberikan obat penggantinya yang dapat diterima bagi busui.

Walau begitu, penting disadari bahwa meskipun benar apa yang masuk ke tubuh biasanya masuk ke suplai ASI, perlu diingat juga bahwa jumlah yang pada akhirnya berakhir di makanan bayi merupakan sebagian kecil saja dari apa yang Bunda dapatkan.

Sebagian besar obat, dalam dosis biasa, tampaknya tidak berpengaruh sama sekali pada bayi yang menyusu sementara lainnya memiliki efek sementara yang ringan dan sangat sedikit yang bisa sangat berbahaya. 

"Tetapi, karena tidak cukup diketahui tentang efek jangka panjang dari obat-obatan pada bayi yang menyusui, yang terbaik ialah berhati-hati saat menggunakan obat bebas ataupun obat resep saat menyusui dan menghindari obat apa pun kecuali telah diresepkan dokter," ujar Kameelah Phillips, M.D, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.

Untuk mengetahui obat tersebut aman dikonsumsi ibu menyusui, FDA sendiri mulai mewajibkan produsen obat resep untuk memenuhi standar pelabelan yang menawarkan lebih banyak informasi terkini dan terperinci khusus ibu menyusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui kontraindikasi menyusui selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga makanan yang sebaiknya dihindari ibu menyusui dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA PERLU TAHU NIH, APA SAJA KONTRADIKSI MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!