sign up SIGN UP search


menyusui

Berapa Tepatnya Kebutuhan ASI untuk Bayi di Bawah 6 Bulan?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 03 Apr 2022 08:05 WIB
An Afghan Mother sits up in her hospital bed with her new infant son held gently on her chest.  He is swaddled tightly and the Mother is dressed comfortably in a sweater and Hijab. caption

Jakarta - ASI menjadi nutrisi utama yang penting diberikan sejak mereka lahir. Bayi juga tidak membutuhkan apa pun kecuali ASI selama 6 bulan pertama, Bunda. Karenanya, kebutuhan ASI pun perlu dipenuhi secara maksimal. Yuk, cari tahu berapa kebutuhan ASI bayi di bawah 6 bulan, Bunda.

Melansir Medela, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan menyusui selama dua tahun atau lebih. Dan, penting untuk diperhatikan bahwa WHO tidak menerapkan durasi maksimum menyusui, kata Dr Leon Mitoulas, selaku Medela Head of Breastfeeding Research.

Rekomendasi WHO tersebut didukung oleh lonjakan penelitian tentang 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak dari pembuahan hingga ulang tahun kedua. Dr Mitoulas juga menjelaskan para ilmuwan telah menemukan nutrisi yang tepat dan faktor-faktor lain yang memiliki dampak yang paling besar pada pertumbuhan dan kesehatan jangka panjang.


Bukti dengan tegas menunjukkan menyusui secara unik bermanfaat selama 1.000 hari pertama. "Menyusui bisa dianggap sebagai makanan, obat, dan sinyal pada waktu yang sama. Dan, manfaat tiga kali lipat ini berlanjut lebih dari dua tahun,"ujar Dr Mitoulas.

Banner Kode Janin LaparBanner Kode Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Saat menyusui secara eksklusif, bayi biasanya mengonsumsi 750 hingga 800 ml susu setiap harinya. Dan, pada usia sembilan hingga 12 bulan, bayi masih bisa mengonsumsi sekira 500 ml sehari yang menyediakan sekira setengah kalori hariannya. Kemudian, pada usia 18 bulan, bayi mungkin mengonsumsi sekira 200 ml sehari.

A baby of 5-6 months gnaws a toy. Teething of the first milk teeth, how to help the baby and relieve painIlustrasi bayi 6 bulan/ Foto: iStockphoto

Memang benar bahwa setelah enam bulan bayi membutuhkan makanan lain sebagai tambahan nutrisi yang mungkin tidak ia dapatkan dari ASI atau cadangannya sendiri, termasuk zat besi, zinc, vitamin B dan D. Tetapi, di tahun kedua kehidupannya, payudara menyediakan susu yang memenuhi sejumlah besar nutrisi penting lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang 4 tanda bayi kenyang ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
BERAPA KEBUTUHAN ASI ANAK DI BAWAH 6 BULAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!