sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan Busui yang Dipercaya Dapat Bantu Bayi Lebih Cerdas, Mau Buktikan?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 11:33 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Bunda wajib mengonsumsi makanan bergizi selama menyusui agar menghasilkan ASI yang berkualitas tinggi. Ya, ASI yang bernutrisi diperlukan untuk tumbuh kembang bayi lebih maksimal.

Meskipun ibu menyusui tak memiliki pantangan makanan, ada baiknya tetap membatasi asupan tertentu demi menjaga kualitas ASI tetap baik. Itu sebabnya, Bunda disarankan mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk membuat ASI banyak serta bernutrisi tinggi.

Makanan untuk bayi cerdas

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat membantu bayi lebih cerdas lho. Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 5 makanan yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil:


1. Ikan

Ikan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk Busui. Ikan mengandung EPA, DHA, vitamin, yodium, magnesium, zat besi, dan tembaga.

Bunda dapat memilih ikan gabus dan salmon untuk dikonsumsi selama menyusui. Ikan gabus, contohnya, dikenal sebagai ASI booster karena mengandung bahan yang bisa meningkatkan prolaktin dan oksitosin.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun

2. Alpukat

Alpukat mengandung kalium, protein, dan sumber asam amino yang bagus untuk membangun sel baru untuk Busui. Alpukat juga mengandung DHA yang menjadi asam lemak omega-3, berfungsi meningkatkan pertumbuhan otak bayi, meningkatkan fungsi visual.

Konsumsi alpukat juga dapat mencegah anemia karena mengandung vitamin B2. Bunda dapat mengonsumsi buah ini sebagai camilan di antara waktu menyusui.

3. Susu almond

Susu almond kaya akan vitamin E, D, A, dan kalsium. Selain itu, susu almond juga mengandung sejumlah kecil natrium, besi, magnesium, fosfor, dan serat makanan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Susu almond pun dapat meningkatkan produksi ASI karena mengandung asam lemak omega-3. Kandungan zat ini dapat merangsang hormon menyusui, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

4. Kacang-kacangan

Kacang adalah pilihan yang bagus untuk camilan Busui, karena memiliki beberapa kandungan yang memiliki manfaat kesehatan bagi Bunda dan Si Kecil. Sebagian besar kacang-kacangan memiliki kandungan lemak sehat, serat, vitamin E, niasin, dan biotin.

Sebagai salah satu sumber lemak omega-3, kacang pun bagus untuk perkembangan sistem saraf, otak dan mata bayi yang sedang berkembang. Di luar susunan nutrisinya yang fenomenal, kacang-kacangan dianggap sebagai laktogenik di banyak bagian dunia (yang berarti mereka mungkin makanan yang membantu memproduksi ASI).

5. Daging

Daging merah dan daging ayam dapat menjadi sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi Bunda selama menyusui. Protein hewani ini mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Dalam daging juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, terutama zat besi dan seng. Bunda dapat mengonsumsi daging ini tapi harus dimasak sampai matang ya.

Pentingnya minum air putih

Mengonsumsi makanan bergizi sangat penting selama menyusui. Tak hanya itu, kebutuhan air putih pun meningkat saat menyusui, sehingga Bunda akan merasa lebih sering haus.

Setelah makan, Bunda perlu minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan. Jangan tunda sampai haus untuk minum selama mengASIhi ya.

Nah, Bunda dapat memilih air mineral dengan kandungan mineral esensial yang baik untuk tubuh seperti Le Minerale nih. Tak hanya itu saja, Le Minerale juga terjamin lebih bersih dan higienis karena menggunakan galon yang selalu baru. Jadi, bukan galon bekas yang dicuci ulang nih, Bunda. Galon beningnya juga membuat kita merasa aman.

Selain itu, kualitas dan kebersihan air mineral juga terjamin karena tutup Galon rapat dan kedap udara. Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu, kotoran, dan cemaran virus tentunya.

Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih, lebih aman, dan lebih sehat mulai sekarang!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga manfaat edamame untuk Busui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!