sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Makan Bakso Saat Masa Menyusui? Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Selasa, 31 May 2022 12:50 WIB
Ilustrasi wanita makan caption

Makanan satu ini memang menjadi makanan favorit hampir semua orang. Bakso, terlepas dari apa jenisnya dan bagaimana cara penyajiannya, Bunda pasti sepakat kalau makanan ini sangat menggiurkan.

Dagingnya yang lembut dan kenyal, dicampur dengan kuah kaldu yang panas, bihun atau mi dan kerupuk, apalagi jika ditambah sambal atau saus, tentunya akan sulit untuk ditolak. Terlebih saat cuaca sedang hujan.

Jika untuk orang normal, mungkin tidak akan berpikir dua kali untuk memilih makanan ini. Tapi bagi Bunda yang sedang menyusui, mengonsumsi makanan kini harus berpikir ulang. 


Saat dalam masa menyusui, baik-buruk makanan tidak hanya Bunda yang rasakan. Tapi Si Kecil juga akan merasakannya lewat ASI yang ia minum setiap harinya.

Pasalnya, ASI menjadi sangat penting bagi pertumbuhan Si Kecil. Hanya ASI yang boleh diberikan kepada Si Kecil selama 6 bulan, dan selama itu pula, ia akan mengonsumsi apa yang Bunda konsumsi.

Pentingnya ASI membuat Bunda perlu memilah dan memilih makanan yang punya banyak kandungan yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Nah, karena itu, kualitas ASI perlu dijaga dengan baik.

Maka, akan menjadi sebuah pertanyaan untuk Bunda. Apakah seorang ibu menyusui boleh memakan bakso? 

bakso. indonesian meatball served with soup and noodleIlustrasi ibu menyusui makan bakso/ Foto: iStock

Bolehkah ibu menyusui makan bakso?

Bakso adalah makanan yang berasal dari daging. Biasanya, bakso dibuat dari olahan daging sapi. Berbentuk bulat dan disajikan dengan kuah panas dan beberapa tambahan lainnya. Seperti bihun atau mi, pangsit, dan sebagainya.

Daging, pada dasarnya, sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui seperti Bunda. Justru, daging adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika menyusui.

Pasalnya, daging memiliki banyak manfaat untuk Bunda. Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, daging memiliki beberapa manfaat. Dua diantaranya adalah menjaga suplai ASI dan menambah energi pada saat menyusui.

Dua hal tersebut sangat penting karena menjadi pondasi yang sangat kuat saat menyusui. Bunda perlu energi yang sangat banyak saat menyusui, tapi disaat yang sama, Bunda juga harus bisa menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Namun, apakah bakso memiliki manfaat yang sama?

Sebetulnya, tidak ada larangan yang betul-betul membuat Bunda tidak bisa memakan bakso saat dalam masa menyusui. Sehingga, Bunda memang tidak dilarang untuk memakan seporsi bakso yang lezat.

Hanya saja, seperti yang kita ketahui, dalam seporsi bakso mungkin Bunda akan menambah tambahan makanan lain. Jika dimakan berlebihan dan terlalu sering, mungkin akan memiliki dampak tertentu bagi Bunda.

Selain itu, bakso yang sering kita makan, mungkin tidak sepenuhnya terbuat dari daging. Tapi juga ada campuran tepung dan berbagai bumbu lainnya, yang mungkin akan mengurangi nutrisi dari daging itu sendiri.

Untuk itu, akan lebih baik jika Bunda tidak makan bakso berlebihan dan terlalu sering.

Tips memakan bakso saat menyusui

Nah, walaupun tidak ada larangan untuk memakan bakso bagi ibu menyusui, tapi sebaiknya Bunda memperhatikan tips berikut saat akan memakan bakso. Berikut adalah tips memakan bakso untuk ibu menyusui.

1. Kurangi bumbu penyedap

Ketika Bunda akan menyantap bakso, ada baiknya Bunda mengurangi bumbu penyedap yang membuat rasa bakso menjadi terlalu kuat karena MSG. Sepertinya, dengan kaldu atau kuah baksonya sudah cukup ya, Bunda?

2. Kurangi saus atau sambal

Memang, hampa rasanya makan bakso tanpa saus atau sambal. Tapi, untuk yang satu ini memang harus Bunda kurangi, bahkan kalau bisa, tanpa saus dan sambal.

Saus mengandung pewarna yang berbahaya, sehingga sebaiknya tidak menambahkan saus dalam mangkuk bakso Bunda. Sementara itu, sambal sangat berpotensi membuat perut Bunda bergejolak.

3. Jangan terlalu sering

Tips terakhir untuk ibu menyusui yang sangat menggemari bakso adalah tidak sering terlalu sering mengonsumsinya. Sebab, nutrisi pada semangkuk bakso tidak begitu lengkap yang dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang menyusui.

Jadi, sebaiknya Bunda mengonsumsi bakso sesekali saja, atau hanya pada saat menginginkannya saja. 

Bagaimana, apakah setelah ini Bunda akan memakan bakso? Jika ada permasalahan setelah mengonsumsi bakso, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya. Semoga bermanfaat.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!