sign up SIGN UP search


menyusui

Susu Kedelai Vs Susu Almond, Mana Lebih Ampuh sebagai ASI Booster?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 11:50 WIB
Almond milk and almonds on a white wooden cutting board, selective focus. caption

Jakarta - Asupan seimbang diperlukan bagi Bunda menyusui agar ASI yang diproduksi berkualitas. Nah, biasanya nih, busui banyak yang memilih susu kedelai dan susu almond sebagai ASI booster. Mana lebih efektif ya, Bunda?

Selama menyusui memang Bunda perlu berhati-hati tentang apa yang dikonsumsi dan diminum karena dapat memengaruhi bayi melalui ASI. Beberapa bayi bahkan dapat merasakan apa yang mereka makan melalui ASI, termasuk saat Bunda mengonsumsi susu almond.

Manfaat susu almond untuk busui

Secara umum, susu almond menawarkan banyak manfaat kesehatan karena mengandung nutrisi penting yang tinggi. Susu almond sendiri bermanfaat sebagai alternatif susu perah.


Ini merupakan minuman nabati yang diperoleh dengan menggiling almond mentah panggang dengan air. Susu almond merupakan minuman bergizi dan alami dimana tidak mengandung warna atau rasa tambahan.

Bila dibandingkan dengan susu sapi biasa, susu almond rendah lemak dan kalori. Secangkir susu almond manis mengandung sekitar 90 kalori dan 2,5 gram lemak.

Banner Resep Budget Rp30 Ribu

 

Di sisi lain, secangkir susu sapi mengandung 120 kalori dan 5 gram lemak. Susu almond juga dapat bermanfaat sebagai minuman alami rendah kalori jika Bunda menghindari menambahkan rasa dan pemanis buatan ke dalamnya.

Tak hanya itu, karena susu almond bukan produk hewani, susu ini tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang berbahaya. Namun, susu sapi hanya menyediakan 1 gram protein per cangkir sedangkan satu cangkir susu sapi memasok 8 gram protein.

"Susu almond rendah lemak dan kaya akan vitamin E, vitamin D, vitamin A, dan kalsium. Ini juga mengandung sejumlah kecil natrium, zat besi, magnesium, fosfor, dan serat makanan. Semua elemen ini dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dari bayi yang menyusu,"ujar Dr Anita Gupta, MS, seorang obgyn.

Secara manfaat juga tentunya tak kalah menarik ya, Bunda. Diketahui bahwa susu almond dapat memberikan keajaiban saat menyusui yakni meningkatkan produksi ASI.

Young mother is breastfeeding her baby. In Vitro Fertilization (IVF). Family of asians.Susu Kedelai Vs Susu Almond, Mana Lebih Ampuh sebagai ASI Booster?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nestea06

Ini dikarenakan jumlah asam lemak omega-3 yang cukup besar dalam almond dapat merangsang hormon meskipun secara ilmiah tidak terbukti meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. 

Kemudian, susu almond untuk busui juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Susu ini menjadi alternatif lezat yang bisa diminum secara teratur.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang resep susu kacang almond sebagai ASI booster.

[Gambas:Video Haibunda]



SUSU KEDELAI VS SUSU ALMOND UNTUK BUSUI, MANA LEBIH BAGUS?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!