sign up SIGN UP search


menyusui

5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Busui agar Bayi ASI Cepat Nambah Berat Badan

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 13:51 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bunda perlu melengkapi asupan nutrisi selama menyusui Si Kecil ya. Nutrisi yang cukup dan tepat akan membantu tumbuh kembang optimal anak, termasuk berat badannya.

Selama menyusui, Bunda dapat makan besar tiga kali sehari dengan maksimal tiga kali makan camilan. Porsi makan harus lengkap, misalnya nasi, sayur, buah-buahan, daging, atau ikan.

Dalam satu piring makan, Busui perlu memilih jenis makanan sesuai nutrisi yang diperlukan. Nah, berikut 5 nutrisi wajib untuk dipenuhi Busui agar bayi ASI cepat bertambah berat badannya:


1. Karbohidrat

Karbohidrat sangat diperlukan dalam menu makan Bunda selama menyusui. Karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh. Tak hanya sebagai bahan bakar agar tubuh enggak lemas, karbohidrat juga menjadi makanan utama bagi otak.

Beberapa jenis karbohidrat di makanan adalah nasi merah, ubi, jagung, gandum, nasi putih, atau puding.

2. Protein

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup selama menyusui dapat memberikan banyak manfaat, Bunda. Beberapa di antaranya adalah memberikan nutrisi yang optimal untuk menjaga jaringan tubuh, memastikan suplai ASI, serta menyediakan protein untuk jaringan tubuh bayi yang sedang tumbuh.

Selama menyusui, tubuh menggunakan protein untuk memproduksi ASI dan menopang pertumbuhan bayi. Nutrisi ini membantu bayi menumbuhkan sel-sel baru di organ, otot, dan otaknya.

Sumber protein yang wajib dikonsumsi Bunda ada dua, yakni protein hewani dan nabati. Contoh protein hewani adalah daging, ikan, dan telur. Sementara itu, contoh protein nabati dapat ditemukan dalam almond, oat, tempe, dan tahu.

Ibu MenyusuiIbu Menyusui/ Foto: iStock

3. Lemak

Lemak juga dibutuhkan selama menyusui lho, Bunda. Lemak berperan dalam produksi ASI dan membangun jaringan otak bayi.

Meski dibutuhkan, Bunda mesti memilih makanan sumber lemak yang baik untuk tubuh. Bunda sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans. Sebaliknya, coba penuhi asupan lemak dari makanan yang mengandung lemak tidak jenuh ya.

Nah, beberapa contoh makanan sumber lemak yang sehat adalah ikan salmon, kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan telur.

4. Vitamin dan mineral

Nutrisi yang enggak kalah penting dibutuhkan selama menyusui adalah vitamin dan mineral. Busui setidaknya membutuhkan vitamin D, A, E, C, B1, B2, B6, B12, asam folat, kalsium, zat besi, dan zinc.

Setiap vitamin dan mineral ini memberikan manfaat luar biasa. Selain untuk meningkatkan kualitas ASI, vitamin dan mineral juga dapat diperlukan untuk menambah berat badan bayi.

Sumber vitamin dan mineral bisa didapatkan dari makanan sehari-hari nih. Contohnya, asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin B dapat ditemukan di kacang-kacangan dan ikan. Vitamin A terdapat di wortel dan sayuran berdaun gelap, sedangkan vitamin D ada dalam minyak ikan cod dan beberapa jamur.

5. Air mineral

Selama menyusui, Bunda juga perlu memenuhi asupan cairan dari minum air mineral. Asupan rata-rata cairan selama menyusui, yaitu 2 sampai 2,5 liter sehari.

Air mineral dapat digunakan untuk membuat susu mengandung sumber nutrisi lainnya. Bunda juga bisa menggunakan air mineral untuk memasak sayuran.

Ingat ya, konsumsi air mineral bisa mencegah dehidrasi. Selain itu, air mineral juga berfungsi sebagai pelarut zat-zat nutrisi dan gizi untuk bisa dialirkan ke seluruh tubuh.

Nah, Bunda dapat memilih air mineral dengan kandungan mineral esensial yang baik untuk tubuh seperti Le Minerale nih. Tak hanya itu saja, Le Minerale juga terjamin lebih bersih dan higienis karena menggunakan galon yang selalu baru. Jadi, bukan galon bekas yang dicuci ulang nih, Bunda. Galon beningnya juga membuat kita merasa aman.

Selain itu, kualitas dan kebersihan air mineral juga terjamin karena tutup Galon rapat dan kedap udara. Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu, kotoran, dan cemaran virus tentunya.

Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih, lebih aman, dan lebih sehat mulai sekarang!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 manfaat edamame untuk Busui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!