sign up SIGN UP search


menyusui

Saat Payudara Alami Mastitis, Apakah ASI Menjadi Bernanah?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 26 Jun 2022 10:57 WIB
APAKAH ASI BERNANAH SAAT MASTITIS?
ilustrasi kanker payudara caption

Mastitis sendiri merupakan sebuah istilah yang menandakan peradangan payudara dan ini mungkin tidak melibatkan infeksi bakteri. Kemerahan, ketidaknyamanan, dan area payudara yang tersumbat menjadi penyertanya.

Jika tidak ada tanda-tanda sistemik, pengobatan konservatif melibatkan menyusui terus-menerus, memastikan ASI dikeluarkan dari payudara sering dan teratur dapat mengurangi risiko tersebut.

Kemudian, perawatan dan dukungan yang efektif untuk kelanjutan menyusui juga sangat penting. Kegagalan untuk mengeluarkan susu dari payudara yang terkena dapat mempengaruhi ibu menyusui mengalami abses.


Jika semua pengobatan yang tepat untuk mastitis telah diberikan dan area payudara ibu menyusui tetap keras, memerah, dan menyakitkan, abses mungkin telah terbentuk, seperti dikutip dari laman Cafemom.

Abses sendiri terjadi ketika peradangan jaringan payudara (mastitis) tidak segera diobati. Biasanya, sumbatan di kelenjar payudara menyebabkan munculnya abses atau berkumpulnya nanah.

Dalam beberapa situasi, wanita yang mengalaminya mungkin merasa sehat kembali karena pengobatan antibiotik. Ultrasonografi payudara dapat mengidentifikasi area abses.

Dan, perawatan awal yang tepat kemungkinan memerlukan pengulangan. Jika ada beberapa abses atau jika abses besar atau tidak responsis terhadap perawatan, surgical drainase mungkin diperlukan.

Mengingat gejala mastitis bisa datang sangat tiba-tiba dan mungkin Bunda merasakan seperti terkena flu sebelum Bunda merasakan ketidaknyamanan di payudara. Ketika Bunda merasakan sakit atau melihat tanda kemerahan, sebaiknya Bunda segera berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Dokter mungkin akan mendiagnosis lebih dalam mastitis yang Bunda alami sebelum kondisi lebih parah dan muncul abses ya, Bunda. Sehingga, mastisis yang Bunda alami tidak semakin parah dan lebih cepat ditangani.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!