sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Anak Siap Disapih, Salah Satunya Jadi Senang Menggigit Puting Bunda

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 06 Jul 2022 07:08 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Ketika memulai perjalanan menyusui, Bunda mungkin termasuk yang berharap bisa menyusui Si Kecil hingga ia berusia 2 tahun. Namun di pertengahan jalan situasi kurang mendukung membuat Bunda terpaksa menyapih anak di saat usianya kurang 2 tahun.

Tak sedikit orang yang mengatakan semakin besar usia anak, semakin sulit menyapih. Namun, ketahuilah bahwa tidak ada waktu khusus yang tepat untuk menyapih balita.

Memahami makna menyapih

Apa itu menyapih? Menyapih merupakan ketika asupan bayi berpindah tahap dari menyusui ke sumber makanan lainnya. Menyapih bayi itu proses yang membutuhkan kesabaran dan pengertian dari Bunda dan Si Kecil.


Karen Gill, dokter anak bersertifikat ABMS menjelaskan American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan untuk menyusui selama 1 tahun atau lebih, seperti yang diinginkan ibu dan bayinya. Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan ibu dapat terus menyusui hingga usia 2 tahun atau lebih. Namun, itu hanya pedoman, Bunda.

Beragam hambatan saat menyapih

Namun pada kenyataannya masa menyusui bisa berakhir dengan sangat alami. Seiring dengan berjalannya waktu, Si Kecil mungkin mulai menunjukkan dirinya kurang berminat untuk menyusui karena sibuk menjelajahi dunia. Alhasil sesi menyusui perlahan mulai memendek dan memudar dari waktu ke waktu.

"Menjalani beberapa langkah seperti yang disarankan di atas dapat meringankan transisi, memungkinkan Bunda dan Si Kecil mengakhiri masa menyusui dengan damai," ujar Gill dikutip dari Healthline.

Tapi, dalam beberapa kasus menurut Gill, akhirnya tidak sederhana, Bunda. Terkadang busui senang bisa terus menyusui tapi orang di sekitarnya, entah itu suami atau orang tua dan teman mulai merasa sudah saatnya busui berhenti menyusui.

Jika kondisinya seperti itu, kata Gill, busui jangan ragu untuk menjelaskan ke orang di sekitar bahwa normal saja jika balita Bunda masih mau menyusui. Orang lain berhak berpendapat tapi tetap saja yang membuat keputusan Bunda sendiri.

Tak ada waktu tepat untuk menyapih

Micah Resnick, M.D., F.A.A.P., dokter anak bersertifikat di Cincinnati, Ohio, mengatakan memang beberapa balita yang disusui dapat menyapih dengan sendirinya. Balita ini yang memutuskan bahwa sudah siap untuk berhenti tidak menyusu ke Bundanya.

"Tetapi terkadang keputusan untuk menyapih adalah milik Anda," jelas Resnick dilansir What to Expect.

Saat Bunda sudah hamil, mau tidak mau si Kecil belajar disapih. Ketika menyapih, Resnick bilang lakukan dengan pendekatan yang penuh kasih sayang dan kelembutan.

Ketahui yuk tanda anak sudah siap untuk disapih di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 cara menyapih Si Kecil tanpa drama di malam hari.

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN BAYI HARUS DISAPIH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!