sign up SIGN UP search


menyusui

Berapa Lama sih Biasanya Waktu Normal untuk Menyapih Si Kecil?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 28 Jun 2022 13:45 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Menyapih Si Kecil mungkin menjadi momen yang tak mudah bagi Bunda menyusui. Sering kali waktu menyapih jadi mundur dari yang ditargetkan. Nah, berapa lama sih biasanya waktu yang normal untuk masa menyapih Si Kecil?

Waktu menyapih yang tepat bagi Si Kecil sedianya memang berbeda dari satu Bunda ke Bunda lainnya. Menurut The American Academy of Pediatrics (AAP), waktu penyapihan pada akhirnya merupakan keputusan peribadi yang harus didasarkan pada apa yang terbaik untuk keluarga masing-masing.

Memang, berbagai tantangan menjadikan waktu menyapih kerap dilakukan lebih cepat pada sebagian busui. Dan, hal itu sebenarnya tidak masalah ya, Bunda.


Claire Lerner, LCSW, Director of Parenting Resources at Zero to Three di Washington D.C menyarankan untuk tidak menyapih saat anak mengalami perubahan signifikan lainnya seperti pindah rumah, memulai day care, atau bahkan belajar berjalan.

"Jika Bunda memiliki tipe anak yang memiliki arus yang menangani transisi dengan baik, maka sesuatu seperti liburan mungkin merupakan saat yang tepat untuk menyapih,"kata Lerner seperti dikutip dari laman Parents.

Banner Eklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFIEklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFI/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Tetapi, yang terbaik ialah sebenarnya melakukan penyapihan ketika segalanya cukup stabil pada kondisi Si Kecil. Jadi, jika Bunda memutuskan untuk mengurangi menyusui itu sah-sah saja dilakukan ya, Bunda.

Hal tersebut memang diperlukan karena menyapih Si Kecil penting dilakukan secara perlahan. Selain melindungi payudara dari pembengkakan dan juga dapat mengurangi kecemasan pada bayi.

Lakukan semuanya dengan perlahan dan pastikan hanya memberikan satu kali menyusui setiap tiga atau empat hari sehingga dibutuhkan sekitar dua minggu untuk keseluruhan proses. 

Melansir Mayo Clinic, pertimbangkan menunda penyapihan saat Bunda khawatir tentang alergen. Misalnya, jika Bunda atau Ayah memiliki alergi makanan, pertimbangkan menunda penyapihan sampai setelah anak berusia 1 tahun.

Penelitian menunjukkan bahwa memaparkan anak pada alergen potensial saat menyusui dapat menurunkan risikonya terkena alergi. Bunda juga dapat mengonsultasikan hal ini dengan dokter.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kenali 5 tanda Si Kecil sudah siap disapih.

[Gambas:Video Haibunda]



WAKTU YANG NORMAL UNTUK MASA MENYAPIH SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!