sign up SIGN UP search

menyusui

7 Cara Tepat Menyapih secara Tradisional, Perhatikan juga Kesiapan Si Kecil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 07:43 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption
Jakarta -

Setelah Bunda usai masa menyusui bayi, ternyata perjuangan belum usai nih. Kini tiba saatnya Bunda menyapih Si Kecil. Memang, tak ada waktu pasti kapan sebaiknya Bunda menyapih karena hal itu tergantung pada kondisi setiap Bunda dan bayi.

Proses menyapih juga tak mudah ya Bunda. Si Kecil yang rewel atau Bunda yang tak tega melepas bayi biasanya membuat menyapih jadi maju mundur. 

Dalam menyapih pun, bisa dilakukan secara langsung atau bertahap. Proses tersebut bisa berjalan cukup lama. Bahkan, mungkin Bunda pernah mendengar ada beberapa cara tradisional untuk menyapih anak.


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak

Namun, sebelum memutuskan untuk menyapih anak, ada baiknya Bunda melihat dulu kesiapan Si Kecil ya. Dengan mengetahui Si Kecil sudah siap atau belum, Bunda akan bisa menjalani proses penyapihan dengan lebih lancar. 

Meskipun pada umumnya anak akan disapih saat usianya 2 tahun, ada beberapa anak yang ternyata sudah siap disapih sejak sebelum bahkan setelah 2 tahun. Untuk tahu waktu tepat untuk menyapih anak, kita simak terlebih dahulu ciri-ciri anak yang siap disapih yuk. 

Ciri-ciri anak siap disapih

  • Mudah terganggu ketika menyusu.
  • Masih rewel ketika telah diberikan ASI.
  • Nampak mulai tidak tertarik menyusu kepada ibu.
  • Waktu menyusu lebih singkat dari biasanya.
  • Menyusu hanya untuk mencari kenyamanan saja.

Cara menyapih secara tradisional

Tidak semua anak siap untuk proses penyapihan ya Bunda. Langkah pertama yang harus dilakukan yakin melihat kesiapan sang anak terlebih dulu, bisa terlihat dari sikap serta tindakan mereka di saat-saat tertentu.

Momen yang pas untuk memulai penyapihan seperti Si Kecil sudah bisa makan sendiri maupun ketika menolak duduk berlama-lama. Jangan lupa pastikan kenyamanan mereka juga, ya. Berikut cara tradisional lain yang bisa Bunda coba:

1. Memfasilitasi kenyamanan

Coba memfasilitasi rasa nyaman Si Kecil. Selain dengan memberinya makanan, Bunda juga bisa memberikan mainan, membacakan buku, maupun hal yang disukai anak.

Bunda dapat secara perlahan mengingatkan pada Si Kecil bahwa dirinya sudah besar, tidak perlu ASI lagi karena bukan bayi lagi. Dengan cara lembut seperti itu umumnya sang anak mudah menerimanya.

2. Pakai botol susu

Bila sebelumnya Si Kecil menyusu secara langsung, kini Bunda bisa pelan-pelan menggantinya memakai botol susu. Proses penggantian ini memang tidaklah mudah, karena perbedaan bentuk puting botol.

3. Lakukan menyapih secara bertahap

Sebisa mungkin jangan dilakukan secara langsung, lakukan beberapa pendekatan terlebih dulu demi menghilangkan kebiasaan menyusu.
Caranya bisa dengan pengurangan jatah menyusu yang diganti melalui makanan camilan. Kondisi perutnya yang penuh tidak memungkinkan Si Kecil untuk minta menyusu.

4. Persingkat sesi menyapih

Selain itu, Bunda juga bisa coba memangkas sesi menyusui. Pelan-pelan Si Kecil pun pasti dapat lepas dari kebiasaan menyusu.

5. Gendong dengan cara berbeda

Supaya anak tidak merengek untuk menyusu, cobalah merubah posisi menggendongnya. Salah satu posisi yang bisa dicoba yakni dengan saling peluk satu sama lain. Hindarilah posisi menyusu yang biasa dilakukan.

6. Alihkan perhatian anak

Cobalah untuk menunda dengan cara mengalihkan perhatian anak dengan melakukan aktivitas lain saat jadwal menyusu. Cara tersebut efektif untuk merubah kebiasaan anak.

7. Mengganti pakaian

Selama periode menyusui biasanya ibu akan memakai pakaian khusus, namun ketika Bunda mulai proses penyapihan, mulailah tidak mengenakan lagi pakaian tersebut dan hindari membuka baju di depan Si Kecil. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips menyapih Si Kecil dengan penuh cinta.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!