sign up SIGN UP search


menyusui

4 Kandungan Obat Batuk yang Aman Diminum Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 28 Jul 2022 12:34 WIB
Ilustrasi obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan caption
Jakarta -

Pilek dan juga batuk saat menyusui kerap membuat galau para Bunda menyusui. Pasalnya, pemilihan pengobatan saat menyusui memang perlu selektif karena dikhawatirkan memengaruhi ASI. Yuk, cek apa saja sih, obat batuk ibu menyusui yang bisa dimanfaatkan, Bunda.

Batuk ketika menyusui mungkin sangatlah tidak nyaman. Menyusui pun jadi ikut terganggu karena busui khawatir batuknya ikut menular ke buah hati. Karenanya, batuk saat menyusui memang tak bisa dibiarkan begitu saja dan butuh segera diobati ya, Bunda.

Menurut Leah Mello, MD, seorang obgyn di Austin Regional Clinic di Austin, Texas, lebih mudah untuk mengobati gejala dengan obat bebas saat menyusui daripada saat hamil.


"Ragam obat yagn diminum sedianya lebih luas daripada saat hamil. Saat menyusui, banyak obat yang boleh dikonsumsi," ujarnya seperti dikutip dari laman Singlecare.

Secara umum, tidak mengapa bagi ibu menyusui minum obat flu atau obat batuk. Banyak juga bahan dalam obat yang dengan aman dapat digunakan untuk meringankan gejala.

Namun, ada beberapa peringatan yang memang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat ketika menyusui ya, Bunda. Sering kali, banyak dari obat-obatan tersebut masuk ke dalam ASI walau dalam dosis kecil dan beberapa diantaranya berpotensi mengurangi suplai ASI. 

Dari peringatan tersebut, tak berarti tidak dapat minum obat itu saat menyusui. Tetapi, artinya perlu disadari bahwa adanya kemungkinan efek samping dan memberi perhatian khusus pada petunjuk dosis. 

Jika Bunda menyusui, hal terbaik ialah berkonsultasi dengan dokter atau spesialis laktasi. Baca juga semua label untuk bahan aktif, termasuk vitamin, suplemen, dan lainnya.

Kandungan obat yang aman atasi batuk ibu menyusui

Karena Bunda tak boleh sembarangan meminum obat saat menyusui, sebaiknya memilih obat dengan kandungan yang aman untuk atasi batuk. Beberapa kandungan obat yang aman untuk atasi batuk pada ibu menyusui yakni:

1. Guaifenesin

Melansir Breastfeedingnetwork, obat yang mengandung guaifenesin dapat diminum ibu menyusui untuk meredakan batuk berdahak. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang paracetamol untuk ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



KANDUNGAN OBAT BATUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!