sign up SIGN UP search


menyusui

6 Kandungan Suplemen Herbal yang Aman dan Ampuh Lancarkan ASI Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 14:25 WIB
suplemen herbal ibu menyusui caption
Jakarta -

Permasalahan menyusui memang kerap silih berganti ya, Bunda. Sering kali, tak cukup menunjangnya dengan makanan seimbang saja. Sebagian besar ibu juga memilih suplemen herbal untuk busui guna melancarkan ASI mereka.

Banyak busui mencari suplemen herbal untuk membantu meningkatkan suplai ASI mereka. Hanya saja, suplemen herbal memang kerap dianggap pro dan kontra meski manfaatnya dirasakan efektif bagi busui.

"Masalah dengan suplemen herbal ialah karena tidak diatur oleh FDA, dan tidak banyak insentif untuk mempelajarinya atau mendanai studi," ujar Kristy Goodman, obgyn physician assistant di Los Angeles.


Akibatnya, sebagian besar suplemen herbal yang berada di pasarnya hasilnya sangat bervariasi. Dan, sulit untuk mengetahui apakah itu sebenarnya membantu atau tidak, seperti dikutip dari laman Healthline.

Ketika seorang pasien bertanya tentang suplemen tertentu, Goodman cenderung menginfokan bahwa jika berhasil bagus dan jika mengalami gejala negatif, segera hentikan.

Ya, sedianya memang banyak busui mencari suplemen herbal untuk membantu meningkatkan suplai ASI. Dan, ada sejumlah tanaman yang dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Dokter atau konsultan laktasi dapat membantu busui menentukan suplemen herbal mana yang bisa digunakan dengan aman. Dan juga yang paling cocok untuk situasi busui yang bersangkutan dalam hubungannya dengan kondisi kesehatan yang mungkin dimiliki. Serta, dokter atau konsultan laktasi juga dapat merekomendasikan dosis mengonsumsi suplemen herbal agar tetap aman selama menyusui.

Suplemen herbal untuk ibu menyusui 

Berikut kandungan dalam suplemen herbal busui yang bisa dikonsumsi, seperti dikutip dari laman Very Well Family ya, Bunda:

1. Jahe

Jahe merupakan ramuan tradisional yang menambah rasa pada makanan dan dapat mengobati berbagai masalah kesehatan. Jahe juga dapat meredakan gangguan pencernaan serta membantu meningkatkan suplai ASI busui. Bunda dapat memarut atau mencincang jahe untuk ditambahkan ke makanan atau diseduh menjadi teh.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makanan yang perlu dihindari saat menyusui termasuk beberapa suplemen herbal yang tidak diketahui keamanannya.

[Gambas:Video Haibunda]



SUPLEMEN HERBAL UNTUK BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!