sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui yuk, Berapa Lama Sebenarnya ASI Perah Mampu Bertahan di Luar Ruangan?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 01 Jul 2022 11:52 WIB
Medical electric breast pump to increase milk supply for breastfeeding mother and children's clothing caption
Jakarta -

Ketahanan ASI di luar ruangan mungkin berbeda dengan ketahanan ASI saat disimpan di freezer ya, Bunda. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang hal ini agar kuliatas ASI yang kita simpan untuk Si Kecil tetap terjaga.

ASI memang menjadi cairan emas yang begitu berharga setiap tetesnya. Sehingga, penyimpanan yang tepat dapat membuat kualitasnya tetap maksimal ya, Bunda.

Sebagai busui, khususnya Bunda yang secara rutin memompa ASI, tentu perlu mengetahui seberapa lama ASI memiliki ketahanan di berbagai media termasuk di luar ruangan ya, Bunda.


"Metode penyimpanan yang Bunda lakukan akan menentukan berapa lama ASI perah akan disimpan dengan aman. Penyimpanan yang tepat sangat penting agar Bunda dapat mempertahankan kandungan nutrisi dan sifat anti infeksi," ujar Debra Rose Wilson, Ph.D, MSN, R.N, IBCLC, AHN-BC, CHT.

Banner Makanan Penyebab Janin Tak BerkembangMakanan Penyebab Janin Tak Berkembang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sendiri dalam panduannya untuk penyimpanan ASI merekomendasikan bahwa ASI yang baru diperah dapat disimpan pada suhu kamar hingga empat jam. Idealnya, susu harus dalam wadah tertutup. 

Dan, susu segar dapat bertahan hingga empat hari di lemari es dan dapat bertahan hingga 6-12 bulan di dalam freezer. Jika susu sebelumnya telah dibekukan, setelah dicairkan, susu dapat disimpan pada suhu kamar selama 1 hingga 2 jam.

Jika susu yang dicairkan dimasukkan ke dalam lemari es, gunakan dalam waktu 24 jam. Hindari pula membekukan kembali ASI yang sebelumnya dibekukan, seperti dikutip dari laman Healthline.

Sering kali, bayi Bunda mungkin tidak menghasilkan ASI yang diberikan padanya. Sebaiknya, jika Bunda menemui hal ini segera membuang susunya setelah dua jam ya, Bunda.

Perlu Bunda ketahui bahwa susu yang disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama baik di lemari es atau di freezer akan kehilangan lebih banyak vitamin C. Bunda juga perlu tahu bahwa ASI yang Bunda produksi sedianya disesuaikan dengan kebutuhan bayinya. Dengan kata lain, ASI akan berubah seiring dengan pertumbuhan bayi Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 cara menghangatkan ASI perah yang tepat.

[Gambas:Video Haibunda]



BERAPA LAMA KETAHANAN ASI DI LUAR RUANGAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!