sign up SIGN UP search


menyusui

Serba-serbi Donor ASI dan Aturannya dari Pemerintah

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 16:10 WIB
Ilustrasi donor ASI Serba-serbi Donor ASI dan Aturannya dari Pemerintah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/blanscape

Semua proses melahirkan kini sudah selesai, lalu muncul proses selanjutnya yang menjadi sangat krusial untuk pertumbuhan Si Kecil. Proses itu adalah menyusui. Tapi, tidak semua ibu bisa menyusui dengan normal.

Ada ibu yang kelebihan (oversupply) ASI, tapi tidak sedikit juga di antara mereka yang justru kekurangan ASI. Bahkan, ada juga yang tidak mengeluarkan ASI sama sekali. Tentunya, di setiap masalah punya jalan keluarnya masing-masing. Termasuk masalah terkait ASI.

Jalan keluar itu bernama donor ASI.


Donor ASI bisa menjadi pilihan yang sangat memungkinkan untuk dilakukan oleh Bunda, dalam menghadapi masalah ASI ini. Hanya saja, ada banyak hal yang perlu Bunda ketahui mengenai donor ASI.

Apa itu donor ASI?

ASI adalah elemen yang sangat penting bagi Si Kecil, terutama pada masa-masa awal kedatangannya di dunia. Ketika ibu dari seorang bayi tidak mampu menyediakan ASI yang cukup, maka donor ASI bisa menjadi solusi yang baik.

Donor ASI juga bisa menjadi salah satu cara alternatif yang sangat baik untuk bayi yang lahir secara prematur.

Mengapa ASI tetap diperlukan, bahkan sampai harus mengambil dari donor ASI? Dilansir dari Pregnancy Birth Baby, ASI mengandung antibodi yang berperan penting untuk melindungi Si Kecil dari infeksi dan penyakit. Artinya, tanpa ASI, Si Kecil akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, ASI juga membantu tumbuh dan kembang otak Si Kecil, dan mengurangi adanya risiko gangguan usus parah pada bayi yang lahir secara prematur. Peran-peran inilah yang tidak dapat digantikan oleh susu formula. 

Ilustrasi donor ASISerba-serbi Donor ASI dan Aturannya dari Pemerintah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/isayildiz

Di Amerika Serikat dan Kanada, donor ASI lebih mudah didapatkan karena di negara-negara tersebut memiliki bank ASI, yang membuat bayi ‘tertolong’ lebih cepat. Sementara di Indonesia, donor ASI dilakukan melalui komunikasi dengan kerabat, atau komunitas tertentu.

Bagaimana dengan peraturan pemerintah di Indonesia? Apakah ada aturan pemerintah yang mengatur mengenai donor ASI tersebut? Simak lengkapnya di halaman berikut Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



PERATURAN PEMERINTAH MENGENAI DONOR ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!