sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips agar Menyusui Bayi di Pesawat Berjalan Lancar dan Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 09 Aug 2022 14:00 WIB
menyusui di pesawat caption
Jakarta -

Saat mengajak serta bayi naik pesawat bisa bikin cemas ya, terutama saat hendak take off dan landing. Pada saat itulah bayi sering kali rewel karena merasa tak nyaman. Dalam kondisi ini, menyusui bayi di pesawat dapat membantunya lho Bunda.

Ya, menyusui bayi di pesawat memang benar-benar dapat membantu menenangkan Si Kecil . Apalagi, saat berada di dalam pesawat, bayi jadi lebih rewel karena dikelilingi banyak suara dan orang asing.

Manfaat menyusui bayi di pesawat

Menyusui bayi di pesawat baik selama lepas landas maupun mendarat dapat membantu mereka lebih tenang. Sebab, mengisap dan menelan membantu menyamakan tekanan di telinga dan menghindari ketidaknyamanan yang tidak perlu, seperti dikutip dari laman Holidayextras.


Perlu diingat bahwa selama lepas landas dan mendarat, bayi di bawah dua tahun perlu diamankan dengan sabuk pengaman khusus sehingga hal tersebut juga membuat mereka tidak nyaman.

"Bayi biasanya menyusu di mana saja dari 8-10 kali dalam sehari," ujar Dr Lori Feldman Winter, seperti dikutip dari laman USA Today. Hal ini sangatlah normal karena bayi memang menyusu secara teratur sepanjang hari dan mungkin benar-benar menyusui sesering setiap jam.

Dr Feldman mengatakan nutrisi dalam ASI diserap dengan cepat dan menyeluruh sehingga dapat memberikan manfaat terbaik. Bayi juga menyusu dalam volume kecil karena kapasitas perut bayi sangat kecil.

Sehingga, Bunda dapat menyesuaikan kebutuhan tersebut baik saat di pesawat sekalipun dan memastikan bahwa bayi tetap terhidrasi selama penerbangan. Apalagi, tingkat kelembapan dalam pesawat biasanya jauh lebih rendah daripada biasanya. Jadi, sangat penting untuk memastikan bayi tetap terhidrasi dengan tetap menyusuinya.

Tips agar nyaman menyusui bayi di pesawat

Agar Bunda dapat menyusui dengan nyaman selama di pesawat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan coba yuk.

1. Menyusui bayi saat lepas landas dan mendarat

Membuat bayi menelan dapat membantu mengurangi tekanan di telinga. Dan, jika bayi sedang tertidur, jangan membangunkannya ya, Bunda.

2. Jaga kebersihan

Jangan lupa, pesawat merupakan area yang tak luput dari kuman. Untuk tetap menjaga kebersihan bersama Si Kecil, bawalah tisu antibakteri dan gunakan untuk menyeka lengan kursi dan meja serta mengelap tangan sebelum atau sesudah menyusui.

3. Kenakan gendongan

Oh ya, Bunda, selain menyusui bayi di pesawat, cara membuat bayi nyaman selama perjalanan yakni dengan mengenakan mereka gendongan yang memberikan bayi keleluasaan dengan kedua tangannya. Selain praktis, gendongan ini juga mengamankan bayi saat lepas landas dan mendarat.

Kemudian, pertimbangkan juga tempat duduk yang nyaman. Ada baiknya, Bunda memesan sejak jauh-jauh hari sehingga Bunda bisa mendapatkan tempat duduk yang sesuai.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tantangan yang dihadapi Bunda pejuang ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MENYUSUI BAYI DI PESAWAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!