sign up SIGN UP search


menyusui

Puting Lecet Kena Gigitan Si Kecil saat Menyusui? Coba Redakan dengan Cara Mudah Ini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 06 Sep 2022 17:57 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Puting lecet dapat menjadi salah satu masalah menyusui, Bunda. Setidaknya, sekitar 80 sampai 90 persen ibu menyusui atau busui mengalami nyeri puting hingga lecet.

Puting lecet yang dibuatkan bisa menyebabkan infeksi mastitis dengan gejala demam tinggi. Pada kondisi yang parah, puting lecet bisa menghambat proses menyusui Si Kecil, Bunda.

Kondisi puting lecet harus segera ditangani dengan tepat. Bila dibiarkan terlalu lama, kondisi ini bisa menyebabkan masalah pada Bunda dan buah hati.


Penyebab puting lecet

Puting lecet bisa disebabkan karena beberapa hal yang terjadi selama menyusui. Berikut penyebabnya:

1. Blister

Blister adalah bintik putih yang menyakitkan di daerah sekitar puting. Kondisi ini biasanya terjadi karena tersumbatnya saluran ASI. Bila dibiarkan, blister ini bisa menjadi lecet dan menimbulkan nyeri.

2. Pelekatan salah

Pelekatan menyusu yang salah bisa menyebabkan banyak masalah selama menyusui. Salah satunya adalah puting lecet. Pelekatan yang salah dapat disebabkan gesekan di puting dengan mulut bayi di kulit.

3. Tongue tie

Tongue tie adalah kondisi bayi memiliki frenulum lidah pendek atau tebal. Tongue tie pada bayi bisa membuatnya kesulitan menyusu hingga menyebabkan puting lecet pada ibu menyusui atau busui.

Payudara Bunda bisa sakit karena tidak bisa menyusui dengan baik. Akibatnya, payudara bisa bengkak, saluran ASI tersumbat, terjadi mastitis, dan Bunda mengalami stres secara emosional karena tidak percaya diri menyusui.

Masalah puting lecet ini biasanya dapat diatasi dengan menggunakan nipple cream, Bunda. Namun, penggunaan nipple cream perlu diperhatikan karena ada beberapa bahan yang bisa memperparah kondisi.

Perlu diketahui juga, tidak semua busui membutuhkan nipple cream untuk mengatasi puting lecet. Sebelum menggunakan produk ini, Bunda sebaiknya konsultasikan dulu ke konsultan laktasi ya. Lalu merek nipple cream apa saja yang aman digunakan saat menyusui?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 makanan busui yang bisa sebabkan anak sulit BAB, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

REKOMENDASI NIPPLE CREAM UNTUK REDAKAN PUTING LECET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!