sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Ketahui yuk Porsi Amannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 16 Aug 2022 12:28 WIB
BOLEHKAH IBU MENYUSUI MINUM KOPI?
Happy mom and baby with a breastfeeding together in bedroom. caption

Efek kafein pada ibu menyusui

Kadar kafein dalam ASI mencapai puncaknya 1-2 jam setelah minum kopi. Seseorang yang baru saja menyusui dapat memilih untuk mengawasi bayinya selama waktu tersebut untuk melihat apakah mereka mengalami efek dari kafein atau tidak.

Sementara itu, potensi risiko minum kopi selama kehamilan terdengar mengkhawatirkan, risiko kafein pada bayi yang menyusui justru ringan. Beberapa ahli mengatakan keprihatinan bahwa kafein dapat memengaruhi tidur bayi, tetapi pada sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan pada 885 bayi di Brasil tidak setuju.

Studi tersebut tidak menemukan dampak signifikan secara statistik terhadap kualitas tidur bayi usia 3 bulan saat disusui oleh seseorang yang mengonsumsi kafein.


Sebuah studi Korea juga tidak menemukan risiko serius minum kopi saat menyusui terutama dengan konsumsi moderat beberapa cangkir sehari. Beberapa orang percaya bahwa asam dalam kopi dapat menurunkan kandungan zat besi dalam ASI, meskipun tidak ada bukti ilmiah terbaru untuk mengkonfirmasi hal ini.

ASI secara alami rendah zat besi, tetapi bayi membutuhkan zat besi untuk berkembang secara normal, sehingga orang yang minum kopi harus mendiskusikan suplementasi zat besi dengan dokter.

Porsi pas kopi untuk ibu menyusui

Melansir La Leche League, The European Food Safety Authority (2020) menyatakan bahwa asupan harian 2 cangkir kopi (200 mg kafein) aman dikonsumsi saat menyusui bayi.

The USA Centers of Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa 300 mg atau kurang per hari setara dengan 2-3 cangkir kopi masih bisa diterima dengan aman.

Kondisi ibu menyusui yang tak boleh minum kopi

Namun, kafein adalah stimulan sistem saraf pusat. Jadi, mungkin perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ya, Bunda:

Bagi bagi prematur, di bawah 6 bulan atau memiliki masalah kesehatan lainnya lebih mungkin menunjukkan gejala karena mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan kafein dari sistem mereka. Kadar kafein memuncak dalam susu satu sampai dua jam setelah dikonsumsi.

Bayi yang bereaksi terhadap asupan kafein mungkin sangat mudah tersinggung, rewel, atau terjaga. Mereka mungkin juga lebih sulit untuk tertidur.

Kafein dalam porsi 200-300 mg atau sekitar 2-3 cangkir kopi dianggap aman dikonsumsi saat menyusui. 

Kafein dapat ditemukan dalam banyak makanan atau minuman selain kopi atau teh. Beberapa sumber lainnya seperti cokelat, minuman berenergi, minuman berkarbonasi, minuman olahraga, obat pereda nyeri, dan lainnya. Kafein mungkin tidak diberi label dalam makanan atau minuman. Jika Bunda tidak yakin apakah suatu produk mengandung kafein atau tidak, periksalah labelnya jika tersedia. 

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!