sign up SIGN UP search


menyusui

Adakah Susu Formula Bayi 6-12 Bulan yang Mendekati ASI?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 21 Aug 2022 07:10 WIB
Powder milk for baby and blue spoon on light background close-up. Milk powder for baby in measuring spoon on can. Powdered milk with spoon for baby. Baby Milk Formula and Baby Bottles. Baby milk formula on kitchen background caption
Jakarta -

Pencarian susu formula bayi 6-12 bulan yang mendekati ASI memang kerap dilakukan banyak orang tua. Hal ini tentu untuk memaksimalkan pemberian makanan terbaik bagi Si Kecil.

Penting dipahami sejak awal, ASI menjadi makanan terbaik untuk bayi sejak lahir. Itu sebabnya, para Bunda didorong untuk menyusui anak-anaknya hingga 2 tahun.

"ASI memang memberikan nutrisi terbaik untuk bayi," ujar Rachael Buck, Ph.D, seorang ahli imunologi seperti dikutip dari laman Healthline


Atas alasan tersebut, memang sesuai rekomendasi para ahli, pemberian ASI secara maksimal berusaha dipenuhi para busui terutama di fase menyusui eksklusif.

Meski demikian, ada kalanya bagi sebagian busui mengalami beragam kondisi sehingga tak mampu memenuhi kebutuhan menyusui secara langsung dengan maksimal. Alhasil, memanfaatkan pemberian susu formula sebagai tambahan menjadi opsi yang perlu diambil.

Memilih susu formula

Nah, terkait pemilihan susu formula bayi 6-12 bulan yang mendekati ASI harus dikonsultasikan pada dokter ya, Bunda. Hanya anak-anak dengan kondisi tertentu yang biasanya disarankan atau diperbolehkan mengonsumsi susu formula sebagai tambahan ASI.

Jika pemberian susu formula tetap harus dilakukan, Bunda menyusui dapat menawarkan botol susu ASI ataupun susu formula kepada bayinya secara bergantian. Pemilihan susu formula pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan setiap bayi ya.

Ingat ya, Bunda, jangan mencoba-coba dan mengambil keputusan untuk memberikan susu formula pada bayi dengan sembarangan. Bunda sebaiknya bertanya pada dokter, kandungan susu formula seperti apa yang dibutuhkan anak. Apakah ada susu formula anak 6-12 bulan yang mendekati ASI?

Ingat! ASI merupakan sumber nutrisi yang lengkap dan menyediakan semua yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. ASI terdiri dari ratusan molekul bioaktif, dan ini yang membedakannya dengan kandungan di susu formula.

"Perbedaan terbesar antara ASI dan susu formula adalah komposisinya. Susu formula mencoba meniru semua nutrisi dalam ASI," kata Lydia Yeager, perawat anak bersertifikat di Ryan Health, dikutip dari Romper.

Namun, tidak ada susu formula yang sama persis dengan kandungan ASI ya. Setidaknya ada tiga komponen ASI yang tidak ada di kebanyakan produk susu formula, Bunda. Komponen ini hanya didapat bayi langsung dari ibunya saat menyusu.

Apa saja? Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang membuat sufor dengan air keran atau kemasan.

[Gambas:Video Haibunda]



PROSES MEMBERIKAN SUFOR PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!