sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Dia 4 Makanan Andalan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 26 Aug 2022 07:10 WIB
Ilustrasi wanita makan atau diet caption
Jakarta -

Pernahkah Bunda mendengar tentang bayi yang susah BAB? Sembelit paling rentan menyerang bayi yang dibantu dengan susu formula.

Tidak hanya itu, bayi yang aktif minum ASI pun bisa terserang sembelit. Untuk mencegah risiko tersebut, makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB harus dijaga.

Saat menyusui, Bunda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Memang tidak ada aturan bahan apa yang harus dikonsumsi, pastikan saja kebutuhan kalori harian dan gizi selalu terpenuhi. Hal tersebut bisa membuat ASI ibu jadi lebih lancar. Namun, ada beberapa makanan yang diyakini bisa memperlancar BAB bayi.


Banner Susu Hamil

Makanan untuk ibu menyusui agar bayi lancar BAB

1. Pepaya

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu saat menyusui adalah buah pepaya. Buah ini bisa dijadikan pendamping makanan utama. Buah ini bisa membantu memperlancar BAB sang buah hati.

2. Sayuran hijau

Makanan ibu menyusui yang bagus untuk BAB bayi lain adalah sayuran hijau. Beberapa sayuran yang bisa dipilih adalah:

  1. Brokoli

    Brokoli hijau memang sudah dikenal sebagai sayuran yang sehat dan kaya manfaat. Kandungan nutrisi di dalam Brokoli sangatlah beragam. Meski rasanya dianggap beberapa orang kurang enak, brokoli tetaplah nadalan dalam menyehatkan tubuh, terutama pencernaan 
  2. Sawi
    Sawi termasuk makanan yang mengandung rendah kalori tapi padat nutrisi. Selain itu, sawi juga kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.
  3. Kangkung

    Kangkung biasanya diolah menjadi tumisan yang enak dan lezat ya Bunda. Sayur yang satu ini memang mudah didapatkan dan termasuk murah. Meski begitu, kangkung memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral penting lho. Tak terkecuali kandungan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor.
  4. Bayam

    Bayam juga termasuk sayuran harian yang biasanya diolah menjadi sayur bayam dengan jagung atau tumisan. Bayam juga mengandung banyak serat lho. Bayam mengandung protein, karbohidrat, folat, vitamin A, K, dan C, kalsium, zat besi, kalium: 170-200 mg, dan masih banyak lagi.

Beberapa sayur tersebut memiliki serat yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk mencegah konstipasi. Selain itu, sayuran hijau juga bisa meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena sayuran memiliki kandungan fitoestrogen yang baik untuk ibu menyusui.

3. Oatmeal

Saat menyusui, ibu tidak boleh fokus terhadap pemenuhan kalori dan karbohidrat saja, tapi konsumsi oatmeal juga. Oatmeal bisa mencegah terjadinya sembelit, jadi BAB Si Kecil dan Bunda bisa lancar. Kegunaan oatmeal untuk memperlancar BAB karena mengandung serat larut.

4. Kacang merah

Makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB selanjutnya adalah kacang merah. Bahan makanan ini mengandung serat larut dan tak larut sehingga bisa meredakan sembelit dan memperlancar BAB.

Cara Nikmati OatmealIlustrasi Oatmeal/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Yang harus diperhatikan saat bayi sembelit

Bila bayi masih mengalami sembelit setelah mengonsumsi makanan di atas, hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pijat ke perut bayi. Lakukan pijat secara lembut dengan Gerakan memutar.

Cara ini bisa mengendurkan otot di sekitar kandung kemih dan usus, jadi bisa memperlancar BAB. Ada baiknya saat memijat perut bayi oleskan minyak telon.

Olesan minyak telon tidak hanya mempermudah gerakkan memijat, minyak tersebut bisa mengatasi rasa nyeri di perut. Pasalnya, minyak telon sendiri mengandung chamomile yang membantu untuk menenangkan bayi dan memberikan rasa rileks.

Sebaiknya Bunda juga menghindari minuman berkafein dan makanan pedas. Diduga makanan tersebut bisa menyebabkan perut bayi sakit dan gelisah.

Meskipun tidak ada patokan dan aturan untuk makanan dan minuman yang harus dimakan, ada baiknya demi keamanan bayi, Bunda memilih dengan teliti makanan yang dikonsumsi. Nah, itu tadi beberapa pilihan makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang khasiat daun kelor untuk ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!