sign up SIGN UP search


menyusui

Intip Yuk! 5 Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 30 Aug 2022 13:25 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Saat memantau berat badan anak dan menyadari bahwa tidak ada penambahan berarti, Bunda tentu akan merasa khawatir.

Tahukah Bunda bahwa berat badan bayi tidak dipengaruhi faktor genetik lho. Makanan yang Bunda lahap saat menyusui sangatlah penting. Untuk itu, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan.

Makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk tentulah sebaiknya yang bergizi dan sehat. Makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang bisa membuat tubuh sehat dan berenergi. Untuk itu simak beberapa rekomendasi makanan di bawah ini yuk.


Banner Rekomendasi Susu Anak

Makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk

1.  Gandum dapat menjaga tubuh ibu menyusui

Makanan pertama yang perlu dimakan busui adalah gandum. Bahan makanan ini memiliki serat tinggi dan membuat perut kenyang lebih lama.

Tidak hanya pada tubuh Bunda, bayi juga bisa merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, gandum membantu untuk memperlancar sistem pencernaannya.

Lebih dari itu, gandum juga memiliki khasiat lainnya yaitu sebagai antioksidan kuat dan aktif untuk melindungi tubuh ibu yang menyusui dari bakteri dan virus. Radikal bebas tersebut bisa memperburuk kualitas ASI.

2. Konsumsi salmon untuk pengembangan sistem saraf

Ikan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah salmon. Selain itu, salmon juga mampu mengembangkan sistem saraf bayi.

Meskipun, ASI sudah mengandung DHA, ikan salmon memiliki kandungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ASI. Jadi, tidak salah untuk mengonsumsi salmon sebagai pendamping kebutuhan gizi.

Makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk juga bisa disertakan masakan salmon tapi tidak perlu terlalu sering. Salmon sendiri masih dianggap memiliki banyak kandungan merkuri, jadi tidak terlalu baik bila dikonsumsi terlalu sering. Pastikan porsinya sesuai.

3. Nasi merah untuk produksi ASI

Tidak hanya gandum yang bisa dikonsumsi, nasi merah bisa juga dijadikan menu makanan Anda. Kalori dalam nasi merah berguna untuk memproduksi ASI lebih banyak dan berkualitas tinggi.

Selain itu, nasi merah bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Komponen yang membantu menurunkan kolesterol adalah minyak yang ada di beras merah. Beras merah mengandung mangan yang bisa digunakan untuk antioksidan dan selenium mencegah kanker usus besar.

4. Kacang hijau memperlancar ASI

Selain kalori, ibu menyusui juga membutuhkan protein yang lebih banyak untuk memperlancar produksi ASI. Jadi, tidak hanya nasi merah yang mampu membantu ASI lancar. Kandungan protein bisa didapatkan dari banyak makanan.

Tapi, asupan protein paling bagus untuk ibu menyusui adalah kacang hijau. Makanan ini bisa digunakan untuk memperbanyak produksi ASI, tak ayal bila bila Si Bayi bisa gemuk lebih cepat. Cara mengonsumsinya bisa direbus, pisahkan air dengan ampasnya. Minum air kacang hijau tanpa tambahan apa pun.

5. Sayuran hijau dan buah

Makanan buah dan sayur sangat disarankan untuk ibu menyusui setiap harinya. Pilih sayur dan buah dengan kandungan gizi yang seimbang.

Nah, itu tadi rekomendasi makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk yang bisa Bunda pilih. Selalu semangat mengASIhi ya Bunda.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 buah yang ampuh lancarkan ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!