sign up SIGN UP search


menyusui

3 Jenis Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 31 Aug 2022 07:16 WIB
asian woman mother and baby infant sleeping on bed. infant can sleeping at night with no problem. concept of exhausted mother syndrome. . caption
Jakarta -

Mungkin masih banyak Bunda yang tak yang tahu tentang jenis makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidur nyenyak.

Karena mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata makanan yang dikonsumsi sang ibu juga berpengaruh terhadap kualitas tidur bayi. 

Namun sebelum membahas tentang apa saja makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidur nyenyak, Bunda tentunya perlu juga mengetahui faktor yang sekiranya bisa menjadi penyebab bayi susah tidur. Hal ini penting karena dengan mengenali pemicunya tentu akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Banner Rekomendasi Susu Anak

Penyebab bayi sulit tidur nyenyak

Berikut ini adalah beberapa faktor yang diduga menjadi alasan bayi menjadi susah tidur dan tidak bisa tidur nyenyak.


1. Ada gangguan kesehatan

Alasan pertama mengapa bayi tidak bisa dengan nyenyak yaitu kemungkinan adanya gangguan pada kesehatannya. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa memicu gangguan tidur pada bayi misalnya saja adalah :

  • Gangguan saluran pernapasan yang menyebabkan kesulitan bernapas
  • Terjadi infeksi pada telinga sehingga membuat anak lebih rewel

2. Tumbuh gigi

Gigi tumbuh juga bisa membuat bayi susah tidur karena ketika gigi akan tumbuh menimbulkan rasa nyeri sehingga bayi menjadi rewel

3. Gangguan tidur

Ternyata bayi pun juga bisa mengalami gangguan tidur atau secara medisnya dikenal dengan nama sleep apnea. Namun gangguan tidur pada bayi ini lebih rentan diderita oleh bayi prematur.

4. Gumoh

Gumoh pada bayi memang sudah menjadi hak yang wajar. Namun meskipun begitu tetap harus diatasi karena ternyata bisa menjadi salah satu penyebab anak tidak nyaman sehingga sulit tidur.

Dengan mengetahui apa saja penyebabnya tentunya akan lebih mudah dalam mengatasi saat bayi anda tidurnya tidak nyenyak. Karena solusi yang dilakukan memang sesuai dengan faktor penyebabnya.

Makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidur nyenyak

Sebenarnya cara untuk mengatasi bayi yang susah tidur atau tidurnya kurang nyenyak bisa menggunakan makanan. Berikut ini adalah beberapa kandungan makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidur nyenyak.

1. Ikan

Ada beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi ibu yang sangat bermanfaat untuk perkembangan kesehatan bayi. Beberapa jenis ikan tersebut seperti tuna, salmon dan mackerel yang mengandung banyak omega 3. Selain bagus untuk perkembangan otak, juga bisa membantu anak lebih rileks sehingga cepat tertidur.

2. Kalsium

Kalsium juga sangat bagus untuk dikonsumsi ibu agar bisa membantu anak cepat tertidur dengan nyenyak. Hal ini karena kalsium dapat membantu otak dalam menghasilkan melatonin. Beberapa jenis makanan yang kaya akan kalsium diantaranya:

  • Susu
  • Yogurt
  • Keju
  • Sayuran hijau

3. Magnesium

Ternyata ketika di dalam tubuh kandungan magnesium rendah dapat menyebabkan kesulitan tidur. Itu agar membantu bayi tidur dengan pulas maka ibu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan biji-bijian karena dipercaya mengandung banyak magnesium.

Dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidur nyenyak, tentunya akan membantu agar kualitas tidur bayi lebih maksimal sehingga tentunya ketika bayi bisa tidur dengan nyenyak sang ibu juga bisa beristirahat.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makanan busui bantu bayi jadi lebih cerdas.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!