sign up SIGN UP search


menyusui

Metode Dream Feed, Trik Menyusui agar Bayi Tidur Nyenyak Semalaman

Annisa Karnesyia Jumat, 02 Jul 2021 21:10 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Waktu menyusui di malam hari menjadi begitu penting bagi Bunda dan buah hati. Bunda dapat beristirahat ketika si Kecil tertidur nyenyak setelah disusui.

Salah satu metode menyusui yang dipercaya bisa bikin bayi tidur nyenyak di malam hari adalah dream feed. Metode menyusui ini dilakukan ketika bayi masih tertidur.

Biasanya, dream feed dilakukan sekitar jam 10 atau 11 malam, sebelum Bunda bersiap tidur. Tujuan metode ini dilakukan agar bayi tidur lebih lama sepanjang malam dalam kondisi perut kenyang.


Cara melakukan dream feed

Bunda dapat melakukan metode ini ketika bayi sudah setengah tertidur atau memasuki jadwal tidurnya. Secara perlahan angkat bayi dan posisikan mulutnya dekat payudara Bunda. Lakukan semua teknik ini tanpa membangunkan bayi yang sudah mulai tertidur ya.

"Hal yang paling menakjubkan yakni bayi memiliki naluri untuk mengidap puting ibunya," kata penulis buku The Dream Feed Method, Jason Freedman, dikutip dari Today's Parent.

Saat menggendong buah hati, Bunda perlu meminimalkan rangsangan yang bisa membangunkannya ya. Jangan menyalakan lampu, bernyanyi, atau mengganti popok bayi kecuali memang diperlukan.

Nah, saat menyusui telah selesai dilakukan, letakkan bayi kembali ke tempat tidur dengan pelan-pelan. Setelah itu, Bunda bisa meninggalkannya dan bersiap tidur.

Teknik dream feed terasa mudah dilakukan. Namun, tak semua bayi bisa tidur nyenyak setelah Bunda melakukan metode ini ya.

Konsultan spesialis tidur Alanna McGinn mengatakan bahwa beberapa bayi mungkin akan tidur nyenyak karena kenyang. Tapi, ada juga yang terbangun saat dilakukan dream feed dan sulit untuk tidur kembali.

"Cara ini mungkin bisa berjalan dengan baik, tapi anak tetap terbangun sepanjang malam. Bayi juga mungkin mulai terbangun pada pukul 3 atau 4 pagi. Artinya, metode dream feed ini tidak berhasil," ujar McGinn.

"Karena kita telah mengganggu pola tidurnya, mereka mungkin menjadi kesulitan untuk tidur dengan ritme yang teratur."

Lalu apakah metode menyusui ini aman dan tidak berisiko pada bayi? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 5 booster alami terbaik untuk menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

RISIKO DREAM FEED PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi