sign up SIGN UP search


menyusui

Kondisi Busui yang Tak Boleh Gunakan Kubis untuk Payudara Bengkak

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 08 Sep 2022 14:09 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption
Jakarta -

Peran seorang ibu setelah melahirkan tidak lepas dari menyusui. Bagi wanita yang baru menjadi seorang ibu, menyusui merupakan tantangan baru. Sebab di dalamnya Bunda mengalami ketidaknyamanan, seperti payudara sakit, nyeri dan saluran tersumbat yang menyebabkan payudara bengkak.

Hal tersebut mungkin menjadi alasan utama Bunda menggunakan bantalan payudara, pompa, waslap dan daun kubis sebagai tambalan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasa.

Nah, salah satu cara alami yang banyak diakui mampu meredakan payudara bengkak adalah dengan menggunakan kubis. Namun, tak semua ibu menyusui bisa lho menggunakan metode tersebut.


Daun kubis untuk payudara bengkak

Melansir laman Timesofindia.com, terdapat beberapa penjelasan mengenai penggunaan daun kubus untuk atasi payudara bengkak.

1. Manfaat daun kubis untuk payudara bengkak

Banyak yang percaya, daun kubis bisa membantu mengurangi nyeri pada payudara, termasuk ibu menyusui. Mereka juga percaya bahwa daun kubis dapat membantu mengurangi suplai ASI dan mengatasi pembengkakan payudara.

Metode daun kubis akhir-akhir ini cukup terkenal di media sosial dengan banyak influencer dan blogger pada Bunda yang mempromosikan penggunaan dan manfaatnya.

2. Cara menggunakan daun kubis untuk mengatasi payudara bengkak

Bunda yang sedang aktif menyusui kebanyakan mengalami masalah pembengkakan payudara. Hal ini merupakan masalah umum bagi wanita yang sedang menyusui. Pembengkakan juga bisa terjadi saat periode postpartum.

Payudara membesar saat menyusui disebabkan adanya peningkatan aliran darah ke payudara. Kemudian, jika payudara tidak terkuras dengan baik,  suplai ASI juga tidak berkurang dengan baik, Bunda.

Sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit di payudara. Pembengkakan payudara juga bisa terjadi saat Bunda mencoba menyapih Si Kecil dari menyusui, tetapi ASI tidak terkuras dengan benar. Bahkan lebih lanjut bisa menyebabkan infeksi bakteri (mastitis) yang menyebabkan demam lho Bunda.

Daun kubis telah dipercaya banyak wanita bahkan dari beberapa generasi sebagai obat rumahan untuk mengatasi pembengkakan payudara. Daun kubis memiliki sifat pendinginan yang bisa membantu mempercepat penyapihan, menghentikan laktasi tepat waktu dan meringankan masalah yang terkait dengan pembengkakan payudara.

3. Kandungan obat daun kubis

Terlepas dari manfaat pendinginan, daun kubis mengandung beberapa asam amino esensial yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke payudara, mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit serta mengurangi penyumbatan.

Daun kubis dapat digunakan saat Bunda ingin berhenti menyusui dengan cepat karena dapat mengurangi ASI yang tersumbat. Penggunaan yang teratur juga dapat membantu mengurangi suplai ASI dan memfasilitasi pengecilan alami.

Para peneliti telah menetapkan bahwa daun kubis juga mengandung manfaat tambahan yang membantu mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan menyusui. Walaupun memiliki manfaat untuk mengatasi pembengkakan payudara, penggunaan daun kubis hanyalah pengobatan rumahan yang disarankan dari satu ibu ke ibu lainnya dan tidak secara aktif direkomendasikan oleh badan kesehatan mana pun ya Bunda.

Namun karena khasiat kesehatan dan efek pendinginannya memberikan kelegaan pada ibu menyusui, daun kubis sekarang direkomendasikan secara proaktif untuk dicoba. Sebab bekerja dengan prinsip yang sama seperti kompres hangat atau dingin, Bunda.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu cara penggunaan daun kubis dan saat kondisi apa yang tidak boleh digunakan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penggunaan kubis untuk payudara bengkak.

[Gambas:Video Haibunda]



KONDISI IBU MENYUSUI YANG TAK BOLEH GUNAKAN DAUN KUBIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!