sign up SIGN UP search


menyusui

Yuk Ayah, Bantu Bunda Menyusui Newborn pada Malam Hari dengan 4 Cara Ini

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 12:05 WIB
Unrecognizable young father with his newborn baby son, lying on bed in bedroom caption
Jakarta -

Mengasuh dan membesarkan anak adalah tugas Bunda dan Ayah, bukan hanya salah satunya. Namun, bayi baru lahir atau newborn memang membutuhkan perhatian lebih ya Bunda, terutama sering menangis di malam hari.

Jika Bunda mengurus semua sendiri pasti terasa sangat melelahkan, tapi untuk meringankan itu semua peran Ayah sangatlah dibutuhkan. Tak hanya Bunda, Ayah pun memiliki peran penting dalam mengasuh Si Kecil.

Misalkan saja saat Bunda baru saja melahirkan dan akan menghadapi tantangan mengurus bayi bahkan hingga tengah malam. Ada banyak cara lho yang bisa Ayah lakukan untuk membantu, apalagi jika Bunda sedang menyusui secara eksklusif. Berikut hal yang bisa dilakukan Ayah untuk membantu Bunda menyusui newborn pada malam mari.


Cara Ayah bantu mengasuh bayi baru lahir

Tidak ada batasan bagi Ayah untuk mengurus Si Kecil yang baru lahir. Banyak cara yang dapat Ayah lakukan untuk membantu bayi yang baru lahir. Melansir laman Sleepingshouldbeeasy.com, semakin banyak kesempatan yang dimiliki Ayah bersama Si Kecil, akan terjalin ikatan yang lebih baik dengan anaknya.

Selain meningkatkan ikatan antara anak dan orang tua, peran Ayah  ini dapat membantu Bunda yang baru saja pulih melahirkan.

“Seorang Ayah sebaiknya ikut mengasuh bayi yang baru lahir sebisa mungkin. Karena, tidak hanya akan meningkatkan ikatan antara bayi dan ayah, itu akan sangat membantu ibu yang baru saja melahirkan,” kata Jada Shapiro, doula pasca persalinan, pendidik persalinan, dan konselor laktasi di New York City.

Ada banyak cara yang bisa Ayah lakukan dalam membantu Si Kecil yang baru lahir, seperti membantu segala kebutuhan Bunda.

1. Memastikan pola makan Bunda terjaga 

“Ayah juga perlu merawat ibu dengan membantunya dengan hal-hal seperti memasak makanan atau membersihkan setelah makan malam sehingga dia tidak perlu khawatir tentang hal-hal itu sekarang. Penting bagi ayah untuk melakukan hal-hal ini karena ibu akan membutuhkan istirahat sebanyak mungkin selama waktu ini sehingga dia dapat pulih setelah melahirkan,” ungkap Coley.

Selain itu, Ayah juga bisa membantu memastikan apakah Bunda makan dengan baik. Memastikan Bunda mengonsumsi makanan yang mudah dimakan, dipotong-potong atau bahkan menyuapi saat Bunda sibuk menyusui.

2. Bergantian menggendong bayi

Ayah dapat bergantian menggendong Si Kecil di antara waktu menyusui sehingga ibu dapat meluangkan waktu untuk mandi, berjalan-jalan sebentar atau untuk duduk dan bernapas. Ayah juga bisa memanjakan Bunda dengan menawarkan pijatan untuk membantu bahu yang sakit karena menyusui dalam waktu lama.

Namun, jika Ayah ragu atau takut melakukan kesalahan dalam membantu, coba tanyakan saja apa yang dibutuhkan pasangan dan jadilah pendengar yang baik tanpa penilaian apapun.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih banyak tentang apa saja yang bisa Ayah lakukan untuk membantu Si Kecil di malam hari.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang peran penting suami dalam mendukung suksesnya ASI eksklusif menurut dokter laktasi.

[Gambas:Video Haibunda]



BANGUN DI MALAM HARI HINGGA MEMBUAT BAYI KEMBALI TIDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!