sign up SIGN UP search


menyusui

Jadi Ayah ASI adalah Kesempatan Emas untuk Lebih Erat dengan Si Kecil

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 07:12 WIB
A baby happy to be held by his father Jadi Ayah ASI adalah Kesempatan Emas untuk Lebih Erat dengan Si Kecil /Foto: iStock
Jakarta -

Ketika Si Kecil baru lahir, Bunda mungkin lebih banyak berperan dalam mengurus Si Kecil. Mulai dari memberi ASI hingga menemani seharian. Namun ternyata, peran Ayah juga penting, lho.

Mengutip Verywell family, peran Ayah untuk Bunda menyusui dan Si Kecil dapat memberikan efek yang positif. Dukungan penuh kasih sayang Ayah untuk Bunda menjadi salah satu faktor terpenting dalam menyusui. 

Manfaat menjadi Ayah ASI

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika Bunda mendapatkan dukungan dan dorongan dari Ayah untuk menyusui, Bunda cenderung berhasil dan menyusui lebih lama.


Memiliki dukungan membuat Bunda lebih mudah untuk bertahan saat kelelahan. Lalu, dukungan dari Ayah menjadi sangat berharga saat Bunda memiliki masalah saat menyusui.

Nah, Ayah juga bisa ikut terlibat ketika Bunda sedang menyusui Si Kecil. Bahkan, Ayah bisa menjalin hubungan yang lebih erat dengan Si Kecil, lho. Jadi, tidak berlebihan rasanya bila menjadi Ayah ASI merupakan kesempatan emas supaya Ayah bisa menjalin bonding dengan bayi.

Dokter sekaligus konselor laktasi Dr. Sarah Audia Hasna, IBCLC, pun mengatakan ada 2 manfaat penting menjadi Ayah ASI, di antaranya:

1. Mendukung keberhasilan ASI eksklusif

"Jadi intinya prinsipnya dia lebih ke pendukung keberhasilan ASI eksklusif gitu. Ayah juga bisa bantu pijat oksitosin untuk Bunda," ucapnya.

2. Menjadi support system untuk Bunda 

"Ini bisa dengan ikut mengasuh bayi. Lalu kalau ada problem, ada masalah, yang dialami Bunda, Ayah bisa membantu," ujarnya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu. 

Cara menjadi Ayah ASI

Untuk itu, ada berbagai cara menjadi Ayah ASI. Berikut ulasannya dirangkum dari Verywell family.

1. Persiapkan dengan baik

Ayah dapat menyiapkan diri saat menyusui dengan membaca dan belajar dari berbagai sumber. Cari tahu bagaimana menyusui memiliki manfaat untuk Bunda, Si Kecil, dan keluarga. Semakin banyak pengetahuan Ayah tentang menyusui ASI, Ayah akan sangat membantu Bunda menyusui.

2. Beri Bunda dukungan penuh

Menyusui ASI eksklusif merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran, terlebih lagi bagi Bunda dan Ayah yang dikaruniai anak pertama. Ketika Bunda sedang kesulitan menyusui, semangat dari Ayah dapat menular ke Bunda. Dukungan dari Ayah menjadi dorongan percaya diri bagi Bunda untuk terus menyusui.

3. Selalu ada untuk Bunda

Mengurus Si Kecil sendirian tentu melelahkan. Kehadiran Ayah menjadi sangat berarti untuk Bunda. Luangkan waktu bersama Bunda untuk menyesuaikan diri menjadi seorang ibu. Selain itu, Ayah juga bisa membantu Bunda mengerjakan beberapa pekerjaan rumah.

Jika Ayah aktif berada di sisi Bunda saat sedang menyusui, Ayah punya kesempatan emas untuk lebih dekat dengan Si Kecil. Lalu, bagaimana cara Ayah ASI bonding dengan Si Kecil? Cek halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang peran penting Ayah bantu Bunda sukseskan ASI eksklusif.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA AYAH ASI BONDING DENGAN SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!