sign up SIGN UP search

menyusui

5 Tantangan yang Paling Bikin Bunda Pejuang ASI Galau, Simak juga Solusinya

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 15 Jul 2022 10:25 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui mungkin sepintas terlihat mudah. Seakan Bunda hanya tinggal menyodorkan payudara ke mulut bayi lalu ia akan mengisap ASI. Pada kenyatanya, menyusui tak semudah yang dibayangkan.

Ibu menyusui perlu perjuangan agar bayi sukses menyusu di payudara. Untuk menuju kesuksesan itu, ada banyak tantangan yang harus dihadapi. 

Meredith Shur, MD, FACOG, dokter spesialis kebidanan dan ginekologi, serta pemeriksa medis bersertifikat, mengatakan sejumlah bayi menempel dan menyusu dengan baik sejak awal, tetapi itu semua tidak selalu berjalan mulus. Banyak ibu dan bayi membutuhkan waktu untuk belajar menyusui bersama. 


"Selama minggu pertama setelah bayi lahir, Anda mungkin mengalami beberapa kesulitan yang dapat mengganggu proses menyusui. Tetapi, setelah menyusui berhasil dan berjalan dengan baik, masalah masih bisa muncul," ujar Shur dilansir Very Well Family

Menurut Shur, masalah menyusui yang dihadapi busui bisa menyakitkan dan menyusahkan, dan bisa menyebabkan bayi menjadi rewel. Busui dapat ketakutan menghadapinya jika tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Alhasil, terkadang masalah tak terduga itu menyebabkan penyapihan dini.

5 tantangan yang paling bikin busui galau 

Untuk itu, dari sekian banyak tantangan yang mungkin dihadapi ibu menyusui, Bubun mengumpulkan 5 hal yang paling umum membuat para pejuang ASI galau. Simak apa saja beserta solusinya ya.

1. Puting sakit

Puting yang sangat sakit, pecah-pecah, dan berdarah dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Shur bilang, jika puting sangat sakit untuk disusui, itu masalah besar. 

"Anda mungkin ingin mencoba  mencegah puting yang sakit semaksimal mungkin, tetapi jika itu berkembang, lanjutkan menyusui dan segera obati. Bicaralah dengan dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan bantuan jika membutuhkannya," jelas Shur.

Untuk solusi puting sakit ini, ada beberapa hal yang dapat busui lakukan:

  • Pastikan bayi menempel dengan benar.

  • Cobalah posisi menyusui yang berbeda dan ubah posisi pada setiap menyusui.  

  • Lepaskan perlahan pengisap dengan jari sebelum mengeluarkan bayi dari payudara. Tawarkan menyusui yang singkat dan sering.

  • Mulailah menyusui pada payudara yang paling tidak sakit.

  • Oleskan kompres hangat dan lembap ke puting.

  • Oleskan ASI yang baru diperah pada puting untuk membantu menyembuhkannya.

Segera beri tahu dokter jika puting tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam beberapa hari. Setiap luka di kulit dapat memungkinkan infeksi masuk ke tubuh  dan itu dapat memperburuk situasi.

2. Pembengkakan payudara

Ketika ASI memenuhi payudara pada akhir minggu pertama, payudara bisa menjadi bengkak, dan kencang. Pembengkakan payudara bisa menyakitkan, dan itu bisa menyulitkan bayi menempel pada payudara yang besar dan keras.

Fase awal pembengkakan ini biasanya berlangsung beberapa hari atau minggu karena suplai ASI menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Saat tubuh Anda sedang menyesuaikan diri, cobalah untuk fokus menghilangkan rasa sakit dan tekanan.

Solusi untuk payudara bengkak ini antara lain:

  • Menyusui sangat sering, setidaknya 8 - 12 kali sehari.
  • Kait yang baik dan posisi yang benar dapat membantu anak menyusui lebih efisien dan mengeluarkan lebih banyak ASI
  • Jika anak tidak menyusui dengan baik atau busui masih merasa payudara penuh setelah menyusui, gunakan pompa payudara atau teknik ekspresi tangan untuk mengeluarkan lebih banyak ASI dan mengurangi rasa sakit dan tekanan.
  • Keluarkan sedikit ASI sebelum mulai menyusui untuk melembutkan jaringan payudara dan membuatnya sedikit lebih mudah bagi bayi menyusu. Pengeluaran ASI juga membantu melepaskan sebagian tekanan, sehingga aliran ASI keluar dari payudara tidak akan terlalu kuat untuk bayi.
  • Kompres hangat dan dingin secara bergantian untuk membantu meredakan nyeri. Busui juga bisa menggunakan daun kol yang bersih dan dingin sebagai pengganti kompres dingin.
  • Pijat payudara dengan lembut.
  • Biarkan air hangat mengalir di atas payudara saat mandi.

Kita simak tantangan lain di halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tantangan yang paling sering dialami busui dan solusinya.

[Gambas:Video Haibunda]



TANTANGAN LAIN YANG DIHADAPI BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!