sign up SIGN UP search

menyusui

Yuk Ayah, Bantu Bunda Menyusui Newborn pada Malam Hari dengan 4 Cara Ini

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 12:05 WIB
BANGUN DI MALAM HARI HINGGA MEMBUAT BAYI KEMBALI TIDUR
Ilustrasi ibu ayah dan bayi caption

Cara Ayah bantu mengasuh newborn di malam hari

Ada banyak cara kok bagi Ayah untuk membantu mengurus Si Kecil di malam hari. “Pada masa-masa awal, Ayah bisa melakukan segala hal selain memberi makan bayi (jika ibu menyusui), termasuk menyendawakan bayi setelah mereka menyusui, mengganti popok bayi, membedung bayi, menenangkannya dan membantu bayi kembali tidur,” kata Shapiro.

Dilansir pada laman Romper.com, ada empat cara yang bisa dilakukan Ayah untuk membantu membantu bayi yang baru lahir di malam hari:

1. Bangun dengan bayi di malam hari

Saat Si Kecil menangis di malam hari, Ayah bisa bangun bangun menenangkan, mengganti popok dan berikan susu (jika Si Kecil diberikan susu botol) tanpa membangunkan Bunda.


2. Pastikan Bunda tidur

Ayah juga harus pastikan Bunda merasa nyaman, terutama pada hari-hari pasca persalinan. Jika Ayah melihat Bunda terbangun di tengah malam untuk mengurus Si Kecil dan membutuhkan bantuan untuk bangun atau kembali ke tempat tidur, penting bagi Ayah untuk tetap terjaga sampai Bunda tenang kembali sehingga dapat beristirahat.

Banner Vitamin Ibu Hamil

Hal ini sangat penting dilakukan khususnya jika ibu masih dalam proses penyembuhan dari persalinan. Jika Bunda menyusui, Ayah bisa tawarkan untuk membawakannya air atau camilan.

3. Ganti popok

Saat di malam hari, Ayah juga bisa bergantian mengganti popok agar Bunda bisa beristirahat. Kesempatan ini juga bisa membangun ikatan antara Si Kecil dengan Ayah dengan menghabiskan waktu Bersama.

4. Hibur bayi dan buat mereka kembali tidur

Jika di malam hari Bunda kesulitan menenangkan Si Kecil yang menangis, Ayah dapat bangun untuk membantu menenangkan dan menghibur Si Kecil.

Mulai dari sekarang, Ayah harus bisa membagi waktu mengurus anak bersama Bunda. Entah memberi bantuan dalam hal menyusui di malam hari menggunakan botol, mengganti popok ataupun menenangkan bayi sehingga Bunda bisa beristirahat.

Ayah juga bisa membantu dengan memijat bahu Bunda saat menyusui. Hal itu tidak hanya akan membantu menenangkan bahu yang tegang, tetapi juga akan menghibur Bunda  dan membuatnya merasa seperti dia tidak sendirian.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!