sign up SIGN UP search


menyusui

Agar Bayi Tak Rewel, Ini 10 Cara Menghibur Si Kecil saat Bunda Memompa ASI

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 13:05 WIB
Pumping Agar Bayi Tak Rewel, Ini 10 Cara Menghibur Si Kecil saat Bunda Memompa ASI /Foto: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark
Jakarta -

Semenjak Si Kecil lahir, keseharian Bunda tentu akan berubah total dengan kehadirannya. Bunda mungkin menambah rutinitas baru demi kelancaran produksi ASI untuk Si Kecil yaitu pumping atau memompa ASI.

Jika Si Kecil sedang tidur, Bunda bisa memompa ASI sembari rileks dan menikmati waktu istirahat.  Akan tetapi, bagaimana jika Si Kecil sedang bangun dan ada di sebelah Bunda saat Bunda sedang memompa ASI? Canggung rasanya bertatapan dengan Si Kecil tanpa melakukan apa pun selama beberapa menit.

Sebenarnya, ada banyak kegiatan yang bisa Bunda lakukan dengan Si Kecil sembari memompa ASI, lho. Mulai dari memeluk dan bercanda sampai kegiatan edukasi seperti membaca buku agar Si Kecil tidak rewel saat Bunda sedang memompa ASI.


Aktivitas dengan bayi saat Bunda memompa ASI

Namun, pertama-tama Bunda perlu memastikan alat pumping apa yang dapat mendukung Bunda sambil menghibur Si Kecil dengan mudah. Konsultan laktasi International Board-Certified Lactation Consultant (IBCLC) dari The Lactation Network Chrisie Rosenthal menyarankan agar Bunda menggunakan hands-free pumping bra seperti wearable pump dan alat pumping yang menggunakan baterai.

“Jika Anda memiliki bayi yang maunya digendong dan kesulitan pumping, pertimbangkan alat pumping yang dapat dipakai. Alat ini diselipkan sepenuhnya dalam bra sehingga bisa lebih fleksibel saat memompa ASI,” jelas Rosenthal dikutip dari Romper.

Baik Bunda pumping secara eksklusif maupun beberapa kali sehari untuk menyetok ASI, tiap momen bersama Si Kecil adalah waktu yang berharga. Bunda baiknya memanfaatkan waktu berdua dengan Si Kecil dengan maksimal. Berikut beberapa tips kegiatan apa yang Bunda bisa lakukan bersama Si Kecil saat pumping dilansir dari Romper dan Bokee.

1. Bernyanyi untuk Si Kecil

Sekalipun Bunda bukan penyanyi professional, Si Kecil tidak akan protes ketika Bunda bernyanyi saat pumping, kok. Riset menunjukkan bayi sangat suka mendengarkan suara Bunda mereka. Hal ini karena mereka teringat waktu masih di dalam kandungan dan dapat menciptakan ikatan yang kuat antara ibu dan anak.

Lagu yang Bunda nyanyikan pun bebas. Mulai dari nursery rhymes seperti Pelangi atau lagu kesukaan Bunda.

Cek kegiatan yang bisa Bunda lakukan saat memompa ASI bersama Si Kecil di halaman selanjutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 trik jitu pumping agar ASI melimpah:

[Gambas:Video Haibunda]



COBA BACAKAN BUKU ATAU LETAKKAN BAYI DI BOUNCER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!