sign up SIGN UP search


menyusui

6 Tips Aman Menyusui sambil Berbaring dengan Bayi, Perhatikan Posisinya Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 07:10 WIB
Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home. Tips Aman Menyusui sambil Berbaring dengan Bayi, Perhatikan Posisinya Bun/Foto: iStock
Jakarta -

Selama menyusui bayi, apa posisi favorit Bunda? Yang jelas apa pun posisinya yang terpenting nyaman untuk Bunda dan Si Kecil bisa melakukan pelekatan dengan baik, ya. Masih bicara tentang posisi menyusui, posisi yang disebut-sebut paling nyaman adalah posisi sambil tidur atau side-lying position. Setuju atau enggak, Bunda?

Posisi ini adalah ketika Bunda berbaring miring di samping bayi dan menyusuinya. Paling mudah dilakukan di tempat tidur, di lantai, atau di sofa besar. Jaga agar kepala dan punggung dalam garis lurus, dan letakkan kepala di atas bantal atau lengan.

Mengutip WebMD, Bunda mungkin perlu mengangkat payudara atau puting ke mulut bayi. Lalu, terkadang, lebih nyaman untuk menekuk lutut, atau bahkan meletakkan bantal di antaranya.


Menyusui bayi sambil berbaring

Bayi baru lahir mungkin tampak sangat kecil dan rapuh sehingga mungkin Bunda bertanya-tanya apakah boleh menyusui sambil berbaring miring. Jika Bunda mengambil tindakan pencegahan keamanan yang tepat, menyusui miring dapat dilakukan sedini mungkin.

Dilansir Healthline, jika bayi sangat kecil, Bunda mungkin perlu memberi mereka dukungan ekstra. Gunakan bantal atau selimut di sekitar bagian bawah dan punggung bawah untuk mendukung posisi menyusui yang tepat. Pastikan untuk menjauhkan bantal dari kepala dan wajah mereka.

Pastikan untuk tetap terjaga saat memberi makan bayi yang baru lahir. Ini karena risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) yang lebih tinggi saat Bunda berbagi tempat tidur dengan bayi baru lahir. Bunda harus memastikan bahwa jika mereka tertidur, bayi ditempatkan di lingkungan tidur yang terpisah dan aman.

Manfaat menyusui sambil berbaring

Manfaat menyusui sambil berbaring tak lain adalah membantu pemulihan dan lebih rileks. Jika seorang ibu baru pulih dari operasi caesar, episiotomi, atau persalinan pervaginam, duduk untuk waktu yang lama mungkin tidak nyaman atau menyakitkan. Menyusui sambil berbaring dapat membantu menghindari rasa sakit saat pulih dari kelahiran.

“Ini benar-benar membuat rileks,” kata Dallas Parsons, konsultan laktasi bersertifikat internasional yang berbasis di South Surrey, BC, dikutip dari Today's Parent.

"Ini juga tidak terlalu mengganggu tidur jika Anda bisa menarik bayi ke tempat tidur daripada duduk untuk menyusui mereka."

Lalu, bagaimana agar menyusui sambil tidur tetap aman bagi bayi? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips menyusui pada malam hari tanpa drama:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS AMAN MENYUSUI SAMBIL TIDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!