sign up SIGN UP search


menyusui

10 Manfaat Menyusui untuk Bunda, Menurunkan Risiko Penyakit hingga Lebih Hemat

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Senin, 10 Oct 2022 07:12 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui bisa jadi masa favorit Bunda meski merupakan periode yang melelahkan dalam membesarkan Si Kecil. Namun, seberapa melelahkannya menyusui akan terbayar dengan manfaatnya yang segudang untuk Si Kecil. Tidak hanya bermanfaat bagi bayi, menyusui juga bermanfaat untuk tubuh Bunda, lho.

Mengutip Healthline, ASI menyediakan nutrisi yang optimal untuk bayi. ASI memiliki kandungan nutrisi yang tepat, mudah dicerna, dan mudah disediakan bagi bayi.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayi hingga umurnya enam bulan. Lalu, ASI juga tetap diberikan sampai Si Kecil berusia satu tahun atau hingga Bunda dan Si Kecil siap untuk memberhentikan ASI.


Bunda juga akan merasakan manfaat menyusui untuk tubuh, lho. Simak ulasan 10 manfaat menyusui untuk tubuh Bunda di bawah ini yuk.

10 Manfaat menyusui untuk Bunda

1. Menurunkan risiko kanker payudara

Manfaat menyusui untuk Bunda yang pertama adalah menurunkan risiko kanker payudara. “Menyusui dikaitkan dengan penurunan risiko ibu terhadap kanker payudara, kanker ovarium, hipertensi, dan diabetes tipe 2,” jelas Dr. Sara Waterman.

Studi tahun 2002 membuktikan bahwa risiko pengembangan kanker payudara pada wanita yang telah melahirkan adalah 4,3 persen lebih rendah untuk setiap 12 bulan seorang wanita menyusui. 

Studi lanjutan di tahun 2013 menemukan bahwa risiko kanker payudara menurun pada wanita yang pernah melahirkan dan menyusui sebanyak 14 persen jika dibandingkan dengan wanita yang belum pernah menyusui. Bahkan, mereka yang menyusui selama 12 bulan atau lebih menurunkan 28 persen risiko terkena kanker payudara.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi kadar gula melebihi nilai normal akibat kekurangan insulin. Studi tahun 2010 berjudul Lactation and Maternal Risk of Type-2 diabetes: a Population-based Study menemukan bahwa risiko diabetes tipe 2 pada ibu yang menyusui lebih dari satu bulan sama dengan wanita yang tidak pernah hamil.

Ibu yang tidak pernah memberikan ASI eksklusif lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dari pada ibu yang menyusui secara eksklusif selama satu sampai 3 bulan.

Cek halaman berikutnya untuk membaca lebih lanjut mengenai khasiat ASI untuk Bunda, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat menyusui 2 tahun untuk Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



10 MANFAAT MENYUSUI UNTUK BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!