sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Menyusui Bisa Menurunkan Risiko Kanker Payudara?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 13 Jul 2022 11:37 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui eksklusif telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk Si Kecil. Tapi, tahukah Bunda kalau menyusui ternyata bisa menurunkan risiko kanker payudara lho.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan pertama kehidupan anak. Menyusui eksklusif adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak.

Lalu apa kaitan menyusui dan kanker payudara?


Menyusui turunkan risiko kanker payudara

Mengutip Cancer Research UK, menyusui disebut dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara, terutama pada Bunda yang memiliki anak di usia yang masih muda. Semakin lama Bunda menyusu, risikonya pun semakin menurun.

Penurunan risiko ini mungkin terjadi karena ovarium akan lebih jarang memproduksi sel telur selama menyusui. Penyebab lainnya bisa karena proses menyusui dapat mengubah sel-sel di payudara, sehingga memengaruhi perubahan yang mengarah pada kanker.

Banyak peneliti di dunia mencari jawaban tentang kaitan menyusui dan penurunan risiko kanker payudara. Beberapa di antaranya menjelaskan alasan yang berbeda.

Penelitian terkait menyusui dan kanker payudara

Berikut beberapa studi yang meneliti tentang menyusui bisa menurunkan risiko kanker payudara:

Studi 1

Dilansir Parents, sebuah analisis pada sekitar 150.000 wanita dilakukan untuk meneliti kaitan menyusui dan kanker payudara. Penelitian ini diterbitkan di Lancet pada tahun 2002, Bunda.

Hasil penelitian menemukan bahwa setiap 12 bulan menyusui, baik pada satu anak atau lebih, risiko kanker payudara menurun sebesar 4,3 persen. Hasil ini dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui sama sekali.

Studi 2

Penelitian tahun 2009 pada lebih dari 60.000 wanita pernah diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine. Hasil penelitian menunjukkan, wanita dengan riwayat keluarga terkena kanker payudara akan berkurang risiko terkena penyakit ini sebelum menopause hingga hampir 60 persen bila mereka pernah menyusui.

Selain kedua studi tersebut, American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund (WCRF) pernah mengeluarkan laporan terkait menyusui yang bisa menurunkan risiko kanker payudara. Apa isinya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 8 manfaat menyusui eksklusif, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENELITIAN TERBARU TENTANG KAITAN MENYUSUI DAN KANKER PAYUDARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!