sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Singkirkan Rasa Cemas Meninggalkan Si Kecil saat Busui Kembali ke Kantor

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 24 Oct 2022 07:10 WIB
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office caption
Jakarta -

Kembali bekerja setelah cuti mungkin membuat Bunda cemas, merasa bersalah, dan juga gembira. Merasa kewalahan karena harus kembali bekerja di saat tubuh dan pikiran masih harus menyesuaikan diri menjadi orang tua itu wajar terjadi.

Melansir dari laman Romper.com, beberapa Bunda mungkin menjadi sedikit bersemangat karena beristirahat dari bayi dan kembali berinteraksi dengan orang dewasa lainnya. Namun, dalam hati pasti ada rasa yang tidak rela untuk berpisah dari Si Kecil ya Bunda.

Saat busui harus bekerja kembali ke kantor

Pikiran jadi terganggu, muncul stres, ketakutan dan kecemasan yang hadir karena harus meninggalkan Si Kecil dan menitipkannya ke tangan orang lain.


“Seringkali, hal tersulit meninggalkan bayi Anda untuk kembali bekerja adalah kekhawatiran bahwa hal itu akan menyebabkan kerugian pada anak,” kata Nicole Moore, seorang pakar hubungan.

Namun, Bunda jangan hanya fokus pada rasa takut, alasan adanya rasa khawatir itu adalah karena Bunda sangat mencintai Si Kecil. Tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa membuat ibu bekerja tanpa harus merasa khawatir.

Tips atasi rasa cemas tinggalkan bayi ke kantor

1. Rasakan semua rasa tapi lepaskan rasa bersalah

Saat kembali bekerja, mungkin Bunda merasa bersemangat tapi juga sangat sedih karena merasa bersalah harus meninggalkan Si Kecil. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir karena apa yang dilakukan dengan kembali bekerja merupakan jalan untuk menghidupi keluarga dan itu bukanlah kesalahan.

2. Pikirkan tentang apa yang diinginkan

Tanyakan kepada diri sendiri apa yang sebenarnya diinginkan. Bagaimana prioritas pekerjaan yang dibutuhkan. Apakah ada keinginan bekerja dari rumah atau lainnya.

Tuliskan tujuan Bunda, buatlah pertemuan kembali bekerja dengan atasan untuk berdiskusi. Jika aspirasi tidak mungkin didengarkan coba untuk mulai mempertimbangkan tempat kerja lain. Sementara itu, Bunda juga bisa tuliskan tujuan sebagai niat untuk masa depan suatu hari.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 tips memerah ASI untuk Bunda pekerja.

[Gambas:Video Haibunda]



KETAHUI HAK MENGASUH ANAK HINGGA MENJAGA DIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!