sign up SIGN UP search


menyusui

Peneliti Temukan Kandungan Mikroplastik dalam ASI, kok Bisa?

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 20 Oct 2022 07:10 WIB
Young mother breastfeeding  her newborn baby boy at home caption
Jakarta -

ASI menyediakan nutrisi yang optimal untuk bayi. ASI memiliki kandungan nutrisi yang tepat, mudah dicerna, dan mudah disediakan bagi bayi. Di tengah-tengah banyaknya penelitian yang membuktikan betapa berkhasiatnya kandungan ASI, sebuah penelitian malah menemukan adanya mikroplastik dalam ASI, kok bisa?

Mikroplastik merupakan hasil penguraian plastik yang bisa berakibat negatif pada kesehatan manusia. Ini adalah hasil penguraian plastik yang ukurannya sangat kecil. Keberadaannya bisa ditemukan di mana saja, seperti pada debu, perairan laut, sedimen sungai bahkan pada rantai makanan.

Mikroplastik ditemukan pada ASI

Melansir laman Theguardian, penelitian mengenai ASI ini diterbitkan dalam jurnal Polumers. Mereka menemukan adanya mikroplastik yang terdiri dari polietilena, PVC, dan polipropilen. Sampel ASI untuk penelitian tersebut diambil dari 34 ibu sehat, seminggu setelah mereka melahirkan di Roma Italia.


Kemudian, sekitar 75 persen mikroplastik terdeteksi pada sampel ASI yang telah dikumpulkan. Pada penelitian sebelumnya memang telah menunjukkan adanya efek toksik mikroplastik pada garis sel manusia, hewan laboratorium, dan satwa laut liar.

Namun, dampaknya pada manusia yang masih hidup masih belum juga diketahui. Plastik sendiri mengandung bahan kimia berbahaya, seperti ftalat yang telah ditemukan dalam ASI sebelumnya.

Dari mana mikroplastik di ASI berasal?

Jika berpikir keberadaan mikroplastik pada ASI ini diakibatkan karena Bunda mengonsumsi makanan, minuman, dan menggunakan produk kebersihan dalam kemasan plastik, itu salah besar. Sebab hal-hal tersebut tidak ada korelasinya dengan keberadaaan mikroplastik.

Namun, disarankan agar bumil lebih memperhatikan dan menghindari makan dan minuman yang dikemas dalam plastik. Kemudian, hindari kosmetik dan pasta gigi yang mengandung mikroplastik dan pakaian yang terbuat dari kain sintetis.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut mengenai mikroplastik yang ada pada ASI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 9 kandungan luar biasa ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



MIKROPLASTIK PADA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!