sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menggunakan Kantong ASI yang Perlu Diperhatikan agar ASIP Tetap Berkualitas

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 14 Oct 2022 13:19 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption
Jakarta -

Kantong ASI menjadi wadah yang biasa dimanfaatkan ibu menyusui yang memerah ASI-nya. Agar aman dan ASI tetap berkualitas, penggunaan kantong ASI perlu diperhatikan betul sehingga kualitas ASI tetap terjaga.

Seiring perjalanan menyusui, memiliki kantong ASI dan tas penyimpanan ASI merupakan investasi. Memilih kantong ASI yang aman, kuat, dan bebas BPA memang sebuah keharusan ya, Bunda.

Tentu saja, Bunda tidak ingin ASI yang disimpan terkontaminasi dan juga tercampur bahan kimia pelunak atau bahan beracun lainnya. Atau, Bunda juga tidak ingin ASI yang sudah dipompa dengan penuh perjuangan tumpah begitu saja karena kantong ASI yang tidak memadai.


Kantong ASI dan cara tepat penggunaannya

Untuk itu, penting sekali mengikuti pedoman penyimpanan ASI menggunakan kantong ASI yang berkualitas. Sehingga, cairan emas tersebut tetap aman disimpan dan digunakan dalam waktu tertentu sesuai dengan petunjuk penyimpanan.

"Aturan praktisnya sendiri ialah bahwa ASI yang baru dipompa dapat bertahan di suhu kamar selama empat jam atau kurang," kata Deborah Campbell, seorang neonatologis di The Children Hospital di Montefiore, seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Jika Bunda tidak ingin menggunakan ASI selama jangka waktu tersebut, ada baiknya Bunda segera menyimpannya di lemari es ataupun freezer agar lebih tahan lama. Menurun pedoman penyimpanan dari The American Academy of Pediatrics, setelah dimasukkan ke dalam lemari es, ASI dapat bertahan hingga empat hari.

Selama periode itu, lemak susu, aktivitas enzim pencernaan, dan manfaat anti-infeksi berada pada puncaknya. Untuk menjaga agar ASI tetap dingin, pastikan Bunda menyimpannya di rak paling bawah bagian belakang lemari es dan bukan di pintu lemari es.

Klik di halaman selanjutnya untuk info lebih lengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menyimpan ASI perah yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]



KANTONG ASI & CARA PENGGUNAANNYA YANG AMAN AGAR ASI BERKUALITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!