sign up SIGN UP search


menyusui

5 Posisi Terbaik Menyusui Bayi Baru Lahir, Bikin Nyaman Bunda dan Si Kecil

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 07 Oct 2022 15:08 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption
Jakarta -

Menemukan posisi menyusui bayi baru lahir itu tak semudah perkiraan. Air Susu Ibu (ASI) memang keluar secara alami, namun mencari posisi menyusui yang membuat bayi dapat menyusui dengan benar perlu pengetahuan dan banyak latihan.

Bunda yang melahirkan dengan normal atau caesar sama-sama perlu belajar jika menyusui baru bayi lahir. Jika Bunda melahirkan dengan operasi caesar, mungkin akan kesulitan jika harus duduk. Posisi menyusui dengan tiduran pun juga serba salah.

Suzanne Chan, praktisi perawat pediatrik bersertifikat yang juga konselor  laktasi bersertifikat (CLC) menjelaskan bahwa posisi menyusui yang tepat itu sangat penting untuk membantu bayi menyusui dengan cara yang benar. Selain itu juga mencegah dari nyeri puting serta masalah menyusui lainnya.


Posisi menyusui bayi baru lahir

"Dengan beberapa percobaan dan kesalahan, Anda akan menemukan posisi menyusui yang paling cocok untuk Anda. Dan dalam waktu singkat, Anda akan menjadi ahli dalam menyusui bayi," kata Chan dikutip dari What to Expect.

Apabila Bunda ingin dengan menyusui sambil menggendong, mulailah dengan menempatkan bayi di satu sisi ke arah payudara. Pastikan seluruh tubuh bayi menghadap ke dada, dengan telinga, bahu, dan pinggul dalam garis lurus.

Bunda tidak perlu juga menolehkan kepala bayi yang baru lahir itu ke samping. Cukup dengan membuat tubuh bayi menghadap ke dada sehingga lurus sejajar dengan tubuh. "Gunakan bantal menyusui atau bantal biasa saat menggendong bayi agar ketinggiannya lebih mudah untuk mengarahkannya ke payudara," imbuh Chan.

Sebelum Bunda meletakkan posisi bayi yang nyaman, perlu memperhatikan beberapa hal ini:

1. Arahkan bayi ke payudara 

Ibu menyusui (busui) sebaiknya tidak menggerakkan payudara  ke arah mulut atau memasukkan puting ke dalam mulut yang tidak mau - biarkan bayi yang mengambil inisiatif. Cara ini mungkin memerlukan beberapa kali percobaan sebelum bayi  membuka mulutnya cukup lebar untuk menempel dengan benar.

2. Pastikan mulut bayi menutupi puting susu dan sebagian areola

Mengisap puting saja tidak akan menekan kelenjar susu dan dapat menyebabkan rasa sakit dan pecah-pecah. Apabila bayi menyusui di tempat yang tepat, aksi mulut, lidah, dan bibirnya akan memijat sehingga ASI keluar dari kelenjar susu.

3. Periksa apakah payudara menutup hidung bayi 

Setelah Si Kecil menempel dengan benar, busui dapat menekan payudara dengan jari dengan ringan untuk menjauhkannya dari hidung bayi. Sanggah kepalanya dengan ringan di leher, ketimbang memegang kepalanya.

Busui juga dapat mengangkat bayi sedikit saja agar dapat memberikan sedikit ruang untuk bernapas. Tetapi saat busui bermanuver, pastikan agar tidak mengendurkan cengkeramannya pada areola.

Untuk mengetahui pilihan posisi menyusui bayi baru melahirkan, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips aman menyusui bayi sambil berbaring.

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI MENYUSUI BAYI NEWBORN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!