sign up SIGN UP search

menyusui

Ukuran Dot Botol Susu Bayi Sesuai Usia, Bunda Perlu Tahu

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 18:40 WIB
Nipple teethers and milk bottles in steam sterilizer and dryer. Steam sterilizer used for sterilize baby accessories by high temperature steam. caption
Jakarta -

Bunda tidak bisa sembarangan menggunakan dot untuk botol susu bayi, nih. Ternyata, penggunaan ukuran dot pada botol susu bayi perlu disesuaikan dengan usia Si Kecil.

Kalau Bunda bingung menentukan ukuran dot pada botol susu bayi, Bunda bisa melihat panduan pada setiap merek dot yang digunakan. Meski begitu, Bunda tetap harus memeriksa aliran minum susu Si Kecil, ya.

Bayi yang diberi susu formula harus mulai menggunakan dot yang alirannya lambat selama beberapa minggu pertama. Ukuran dot dengan aliran lambat ini cocok untuk bayi yang masih belum mengonsumsi banyak makanan.


Sementara itu, untuk bayi yang sebelumnya diberi ASI memiliki kadar minum yang berbeda, Bunda. Jadi, Bunda bisa memilih ukuran dot yang sesuai dengan puting agar pengalamannya yang didapatkan Si Kecil sama seperti sedang menyusu.

Karena payudara mengeluarkan ASI dengan kecepatan yang sangat lambat, bayi yang disusui terbiasa bekerja lebih keras untuk mendapatkan ASI-nya. Bunda bisa gunakan dot dengan aliran yang paling lambat.

Meski menyusui bayi ASI dengan menggunakan botol jauh lebih mudah, sebaiknya Bunda menyusui Si Kecil dengan botol hanya saat diperlukan, ya. Pastikan juga Bunda mengikuti metode pemberian susu botol secara bertahap.

Sesi menyusui biasanya hanya berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit. Jadi, diharapkan pemberian susu dengan botol susu turut memakan waktu yang sama.

Ukuran dot botol susu sesuai usia

Melansir dari laman Parenting First Cry, ada beberapa ukuran dot botol bayi berdasarkan usia yang perlu Bunda ketahui. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Preemie nipples

Ukuran dot ini dimaksudkan untuk bayi yang lahir prematur, Bunda. Selain itu, bayi dengan preferensi menyusui yang jauh lebih lambat juga bisa menggunakan dot ini.

Kalau Si Kecil masih menyusu dengan Bunda, dot dengan aliran lambat ini cocok digunakan untuk mengalihkan antara payudara ke botol, Bunda. Hal ini karena aliran menyusui yang lambat menyerupai aliran ASI.

2. Dot level 1

Dot ini dianggap sebagai tahap awal yang bisa digunakan untuk bayi, Bunda. Ukuran dot ini merupakan yang paling ideal untuk anak-anak yang menyusu dengan benar dan tidak menunjukkan tanda-tanda kesulitan menyusu.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat ukuran dot botol susu bayi yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video rekomendasi botol susu anti kolik berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]





UKURAN DOT BOTOL SUSU BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!